Pd,Panjang.Lintas Media.News.com 
Walikota, H. Fadly Amran, Datuak Paduko Malano meminta semua pihak terkait, untuk saling bekerja sama dan sinergitas OPD jelang kegiatan Temu Penyair Asia Tenggara II (TPAT II) yang bakal digelar pada akhir tahun nanti.

Hal tersebut, dikatakan Fadly Amran menjawab LintasMedia.News di Kantor Balaikota Silang Bawah, Padang Panjag Barat kota Padang,Rabu(17/3) Puncak kegiatan tersebut, kalau dapat dilaksanakan berbarengan degan hari jadi kota (HJK) ke-23. Jika dapat, kegiatan tersebut dan dapat dikolaborasikan dengan kegiatan lain. 

“Kolaborasikan, dapat diselingi dengan kegiatan, lomba menulis esai, pameran seni kontemporer, workshop melukis di ruang publik dan banyak kegiatan seni ditampilkan. Agar tidak menoton, inovasi dam kreasi sangat dibutuhkan untuk menambah semaraknya kegiatan yang digelar,” saran Sang Walikota.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Alvi Sena mengatakan, pihaknya selaku pelaksana kegiatan sudah melakukan pertemuan dengan keoala daerah, guna melaporkan sekauh mana progres kegiatan bakal digelar dipenghujung tahun kelak.

Memang, waktunya masih lama. Namun, sebagai tuan rumah mita harus mempersiapakan dan merencanakan gelaran ini sebaik mungkin. Artinya, Padang Panjang selaku tuan rumah punya tanggung jawab akan marwah kota didepan para tamu dan yang jauh jauh datang ke Padang Panjang untuk menghadiri kegiatan kelas Asia Tenggara ini.

Jika tidak ada aral melintang, kegiatan TPAT ini akan dilaksanakan pada akhir bulan November mendatang di Kubu Gadang yang diprakarsai DPK. Disamping, Dinas Pustaka, selaku panitia, kegiatan besar ini, turut didukung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata,” terang Sang Kadis

Ketua Pengarah TPAT, Dr. Sulaiman Juned, mengatakan, seiring PTAT tahun ini, diluncurkan buku puisi tentang Kota Padang Panjang. “Penyair dari lima negara menulis puisi tentang Padang Panjang. Yang telah lolos kurasi, mereka akan  diundang ke Padang Panjang. Karya puisinya bakal diterbitkan,” terang Sulaiman Juned.

Sulaiman juga menambahkan, penyair yang nantinya diundang ke Padang Panjang akan melakukan kunjungan ke destinasi wisata religius dan kuliner, guna mempromosikan budaya  dan menghidupkan ekonomi masyarakat. 

“Kita sudah sepakat dengan pemerintah kota Padang Panjang untuk menjadikan TPAT ini sebagai kegiatan rutin dua tahunan, pungkasnya.(maisonpisano).
 
Top