Pd,Panjang.LintasMedia.News.
Awal tahun baru 2012, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) telah memberlakukan seluruh pelayanan dokumen secara online. Jenis dokumen, yang dikerjakan secara online, diantaranya pengurusan Karyu Penduduk(KK) KTP, Akta dan KIA. Namun untuk perekaman KTP-el bagi yang belum pernah memiliki, tetap datang ke Disdukcapil. Karena, perekaman dan data kependudukan baru, orang bersangkutan datang ke kantor Dukcapil.

Bagi, masyakat yang akan mengurus segala administrasi kependuduk. Dukcapil,  telah berlakukan semua jenis pelayanan dokumen secara online melalui website paduko.padangpanjang.go.id," kata Kadis Dukcapil melalui Kepala Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan, Rimanita Erizon, SE, ME menjawab LintasMediaNews, diruang kerjanya Sabtu (23/1). Rima menyebutkan, saat ini aplikasi Paduko dapat diinstal melalui PlayStore yang dinamakan "Udajang".

Dikatakan Rima, dalam sebulan belakangan, masyarakat Padang Panjang telah banyak menggunakan aplikasi Paduko. Namun, masih ada beberapa yang belum paham dan masih mengunjungi Disdukcapil. “Kami tetap melayani dan juga mengarahkan mereka untuk memakai aplikasi Paduko," sebutnya.

Diterangkannya, aplikasi Paduko sangat praktis dan mudah untuk diakses. Masyarakat tinggal pilih menu sesuai dengan dokumen yang dibutuhkan, isi data, ambil nomor tiket dan tunggu beberapa saat. Dokumen yang akan diperlukan akan muncul dalam bentuk pdf dengan ukuran kertas hvs 80grm yang bisa cetak sendiri di rumah.

Namun, untuk KTP dan KIA, tambahnya, masyarakat belum bisa cetak sendiri, tapi bisa ambil langsung ke Dukcapil atau nanti akan diantar langsung oleh Laskar Dukcapil.

"Kami harap bagi masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan agar menggunakan aplikasi Paduko secara permanen. Dengan, adanya aplikasi ini,  masyarakat tidak usah lagi repot repot datang kekantor Dukcapil. Cukup, menggunakan aplikasi yang telah ada. Disamping, gampang diakses,waktu dan tenaga masyarakat akan berkurang dengan menggunakan aplikasi ini, tukuk Sang Kadis Maini.(maisonpisano)
 
Top