Pariaman.Lintas Media News. Disepanjang Pantai Gandoriah Pariaman akan dikembangan fasilitas kepariwisataannya. Ada penambahan pembangunan Hotel, rest area, ragam gaya plataran, sebagai upaya meningkatkan minat orang datang menikmati bersih dan  keindahan pantai Pariaman.

Hal ini disampaikan Walikota Pariaman Genius Umar bersama Kepala Dinas PU Pariaman dihadapat Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama rombongan di Pantai Gandoriah Pariaman, Sabtu (20/6/2020).

Genius Umar juga tambahan, beberapa pengusaha akan membangun Hotel dan tempat hiburan yang diharapkan nanti mampu menjadi daya tarik orang lebih banyak datang ke Pariaman.

" Kita serius ingin majukan wisata Pariaman untuk meningkatkan kesejahteraan hidup warga kota Pariaman. Pantai Gandariah ini telah menjadi destinasi wisata dunia dengan penambahan fasilitas ini nantinya orang dapat berlama-lama di Kota Pariaman minimal selama 2 hari," harapnya.

Gubernur Irwan Prayitno juga mengatakan setelah  berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 7 Juni 2020 hampir semua pariwisata di Sumatera Barat (Sumbar) sudah dibuka termasuk Pantai Pariaman.

"Karena sudah kita bolehkan membuka ruang pariwisata, dengan alasan ada memang kecendrungan angka Reproduksi (RT) sudah berkurang dibawah angka satu, Isyaallah kita bisa mengendalikannya. Sehingga kita buka sektor pariwisata namun dengan harapan tetap mengikuti protokol kesehatan pakai masker, hand sanitaizer, jaga jarak agar aman dari covid dan tetap produktif," ujarnya.

Selain itu, Gubernur juga mangatakan bahwa keindahan pantai Pariaman ini dipadukan dengan posisi yang strategis, panorama yang indah, dan konturnya yang landai, membuat pantai ini menjadi salah satu objek wisata pantai paling populer.

"Dan Pantai Pariaman ini yang merupakan salah satu destinasi wisata Sumbar, pantai andalan yang sudah dibuka dan pengunjungnya sudah mulai ada, walaupun belum banyak seperti biasanya karena ini masih tahap pemulihan,"kata Gubernur.

Selanjutnya terkait dengan Pulau Tangah Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan ada rencana pemko Pariaman dengan pemprov akan berkolaborasi membangun kawasan wisata Pulau Tangah yaitu, 60 persen dari pemerintah kota dan 40 persen dari Pemprov Sumbar.

"Dan sekarang kita sedang menyiapkan dokumen analisis dampak lingkungannya (Amdal), mudah-mudahan di tahun depan bisa kita mulai, sehingga destinasi pulau kita, akan nambah satu lagi disamping pulau Angso juga ada Pulau Tangah," kata Genius.

lebih lanjut Genius juga menyebutkan Pulau tangah itu harus membunyai spesifikasi atau ciri kas yang berbeda dengan Pulau Angso Duo, saat ini Pulau Angso Duo digunakan sebagai objek wisata pulau yang terbuka untuk umum lalu Pulau Kasiak yang dimanfaatkan untuk menyelam.

"Dengan adanya Pulau Tangah maka akan dapat menambah daya tarik pariwisata di Kota Pariaman," katanya.

Awal Gubernur Sumbar meninjau proyek pembangunan pasar rakyat Pariaman yang telah mencapai 57 persen, dengan luas lahan 5,5 ha dan luas lantai 9,5 ha. Ini salah satu proyek nasional di Pariaman yang dilaksanakan dalam masa Tatanan Normal Baru Produktif Aman COVID-19 (TNB-PAC19). Dan Pantai Gandoriah Pariaman merupakan sebuah objek wisata pantai yang terletak sekitar 100 meter dari pusat kota Pariaman, Provinsi Sumatra Barat.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut, LO Gugus Tugas Covid-19, Biro Humas Setdaprov, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo, dan beberapa OPD Pemko Kota Pariaman. (rel/st)
 
Top