Padang.Lintas Media News.
Melihat kesiapan fasilitas penanganan covid-19,Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berkunjung ke RSUP Dr. M. Djamil Padang.Minggu (3/5).

Kedatangan Gubernur yang didampingi Kepala Biro Humas Jasman Rizal disambut langsung oleh Direktur Utama RSUP Dr. M. Djamil Padang Dr. dr. Yusirwan, Sp.B, Sp.BA (K), MARS.

Dalam kunjungan tersebut Gubernur mengucapkan terima kasih atas kesiapan RSUP Dr. M. Djamil Padang mempersiapkan IGD dalam pelayanan menerima pasien dengan standar penanganan Covid-19 dan Insha Allah besok, hari Senin (4/5/2020) sudah dapat beroperasi.

Irwan Prayitno juga menyebutkan, pemberlakuan pelayanan IGD dengan standar pelayanan penanganan pasien Covid-19 ini selain meningkatkan pelayanan IGD, juga bermanfaat untuk mengatasi jumlah kematian. Karena, Kasus kematian mayoritas bukan murni karena virusnya tapi karena kondisi komorbid yaitu penyakit pendamping. Pasien sudah mempunyai penyakit pendamping kemudian terinfeksi Covid-19 dan daya tahan tubuh rendah sehingga kondisinya menjadi tambah parah.

Sementara. Dirut RSUP Dr. M. Djamil Padang Yusirwan menyampaikan, dalam persiapan ini kita sudah melakukan renovasi ruangan, membatasi ruangan-ruangan dengan tanda zona merah dan zona hijau dan juga fasilitas lainnya seperti, ICU untuk anak-anak sebanyak 14 tempat tidur, ICU untuk dewasa sebanyak 12 kamar tidur, dan juga ada ruangan CT Scan, ruangan radiologi, ruangan laboratorium, dan 2 kamar bedah emergency. Dan terkait kebutuhan APD dengan berfungsinya IGD dengan standar pelayanan penangan Covid-19 menjadi sebanyak 380 buah per harinya.

Gubernur Sumbar juga menyampaikan, dengan pemberlakuan pelayanan IGD dalam penerimaan pasien dengan standar penanganan Covid-19, RSUP Dr. M. Djamil Padang dapat meningkatkan pelayanan penanganan Covid-19. Dan mudah-mudahan dapat mengurangi jumlah kematian dan memperbanyak angka kesembuhan.(rel/st)
 
Top