Padang.Lintas Media News.
SMA/SMK yang telah menjadi kewenangan provinsi, jangan hanya mengandalkan APBD saja,diharapkan sekolah bisa berinovasi untuk mendapatkan pemasukan untuk keperluan sendiri.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Donizar pada Lintas Media di ruangan kerjanya Komisi V DPRD Sumbar .Selasa (10/3).

"Kita akan mendorong SMA/SMK yang ada di kabupaten/kota berinovasi untuk bisa mendatangkan pemasukan bagi sekolah mereka sendiri",kata Donizar.

Donizar menegaskan.Berinovasi yang dimaksud  di sini, bukan memperjualbelikan pendidikan untuk mendapatkan uang masuk, tetapi, SMA/SMK didorong kreatif memberdayakan aset dan kemampuan dari guru dan siswa didiknya.

Pemberdayaan aset ini menurut Donizar, bisa dalam bentuk aula.Jika sekolah itu punya aula, ketika tak ada kegiatan, sewakan saja aula tersebut untuk umum, bisa juga dengan membentuk kantin sekolah, mini market, dan lain-lain. Kalau sekolah yang ada kreatif mencari pemasukan, kebutuhan mereka yang kurang bisa tertutupi.

Pada kesempatan itu,anggota dewan yang berasal dari Dapil Pasaman-Pasaman Barat ini mengimbau, SMA/SMK yang ada di daerah agar menjalin kordinasi yang baik dengan pemerintah kabupaten/kota. (Sri)
 
Top