Padang.Lintas Media.
Ikatan trail Adventure (ITA) Sumatera Barat (Sumbar) sebagai organisasi yang bergerak di hobbies trail menggelar iven Minang Trail Advetenture (MTA) dengan melibatkan peserta dari berbagai negara di Asia.

Ketua ITA Sumbar, Risnaldi mengatakan. MTA yang digelar selama tiga hari yaitu dari 19-21 Juli 2019 lalu merupakan iven internasional yang pertama kalinya diselenggarakan oleh ITA.

"Tujuan kegiatan ini adalah, memperkenalkan ke mancanegara keindahan alam Sumbar serta potensi pariwasata yang kita punya. Dengan ini, hobi trail tidak hanya sekedar main motor saja, namun bisa menjadi ajang promosi wisata di daerah," ujar Risnaldi saat jumpa pers dengan awak media kemaren.

Risnaldi memaparkan, peserta yang  mendaftar untuk mengikuti MTA 2019 mencapai 1.000 orang lebih, 32 orang diantaranya berasal dari mancanegara, yakni dari Malaysia, Cina, Thailand dan Vietnam. Untuk peserta lain, mereka berasal dari berbagai provinsi di Indonesia diantaranya dari Aceh, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan dan lain-lain.

Mengenai rute yang dilalui, lanjutnya, MTA 2019 melewati tiga etape. Etape I dimulai dari Padang Panjang - ke Tanah Datar, Etape II Kota Solok - Kabupaten Solok, Etape III Kabupaten Solok - Pesisir Selatan.

"Kita star di Padang Panjang, finish di Pesisir Selatan. Dalam kegiatan ini kita turut bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Pemda, serta dinas pariwisata pada setiap rute yang dilalui. Semoga ke depan kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan di Sumbar. Melalui MTA akan bisa diperkenalkan pariwisata, adat serta budaya minangkabau ke tingkat nasional hingga mancanegara," tutup Risnaldi yang juga anggota Komisi V DPRD Sumbar tersebut.

Sementara itu salah seorang peserta asal China, Luo mengatakan, senang bisa ambil bagian dalam MTA. Sebab, dengan mejelajahi alam Sumbar peserta bisa melihat pemandangan indah yang belum tentu dimiliki oleh negara lain.

“Pertama kali datang, saya melihat alam Sumbar memang indah, sehingga peserta tidak sabar untuk menjelajah ,” katanya. (Sri)
 
Top