Painan,Lintas Media News.
Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kabupaten pesisir selatan, kodim 0311/pessel melaksanakan kegiatan tanam perdana kedelai bersama petani Kelok Indah,yang merupakan wujud nyata dalam rangka mendukung suksesnya swasembada pangan diwilayah kabupaten pesisir selatan.

Pencanangan Tanam bersama komoditas kedelai ini merupakan wujud nyata pemerintah daerah dalam  meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Kata Bupati Kabupaten Pesisir Selatan H.  Hendra Joni, S.H, M.H. yang disampaikan asisten II Pemda Kabupaten Pessel Rusdiyanto saat memberikan sambutan dalam acara pencanagan tanam bersama kedelai bersama kwt Kelok Indah Koto Kandis Kenagarian Kambang Timur Kecamata Lengayang,Rabu (29/8).

Penetapan nagari kambang timur sebagai  desa mandiri benih kedelai merupakan tantangan sekaligus momentum peluang dalam meningkatkan pertanian kedelai didaerah kabupaten pesisir selatan.

Sementara,Dandim 0311/Pessel Letkol Wahyu Akhadi, S.H mengungkap.Swasembada pangan tidak hanya disektor pertanian padi saja,akan tetapi juga meliputi pertanian jagung dan juga kedelai seperti yang sedang kita lakukan ini.

Kepala dinas pertanian hortikultura dan perkebunan (Distanhorbun) Provinsi Sumatera Barat Ir. Candra, M.Si pada kesempatan itu, sangat mengapresiasi kegiatan kelompok tani kelok indah ini yang dimotori oleh ibuk-ibuk rumah tangga.

"Sangat bangga sekali,karna kegiatan yang sangat positif ini dapat berjalan meskipun hanya di naungi ibuk-ibuk rumah tangga sebagai penggeraknya,"sebutnya"

Ia juga menjelaskan, Kabupeten Pesisir Selatan merupakan salah satu kabupaten yang bisa menggerakan pertanian kedelai.Disumbar ada 12 kab/kota yang dapat dijadikan sentral pertanian kedelai,termasuk.salah satunya di pesisir selatan ini.

Dengan mengambil tema " Kembangkan pertanian Kedelai menuju swasembada kedelai 2019",  kegiatan tanam bersama ini juga dihadiri oleh Dirjen tanaman pangan provinsi sumbar Sri Evita,Kadistanhorbun Kabupaten Pessel Jumsu trisno,BPK,PPL,dan wali nagari se-kecamatan Lengayang serta tamu undangan lainya.

Acara tersebut diakhiri dengan pemotongan pita peresmian rumah benih mandiri kedelai oleh Bupati dan Kadistanhorbun Provinsi Sumbar.(st)
 
Top