50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bank Nagari Bantaeng BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan

Wako Solok Buka Puasa Bersama Insan Pers

SOLOKKOTA  Lintasmedianews.com

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar berbuka puasa bersama insan pers yang bertugas di Kota Solok, di Rumah Dinas Wako Solok, Minggu (31/03/24).

Selain dengan insan pers, buka puasa bersama tersebut juga diikuti Pasukan Kuning dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok. Turut hadir, Asisten III Sekda Kota Solok, Zulfadrim, Kepala Dinas Kominfo Kota Solok, Happy Dharmawan, Kepala DLH Kota Solok, Edrizal, Kabag Prokomp Setda Kota, Deddy Agung Pratama serta undangan lainnya.

Wako dalam sambutannya, atas nama Pemerintah Kota Solok menyampaikan ucapan terima kasih kepada rekan-rekan wartawan yang telah membantu Pemerintah Kota Solok melakukan penyebarluasan informasi, melalui berbagai saluran informasi yang ada, baik melalui media cetak, media elektronik, maupun media online.

Pemerintah Kota Solok menyadari, tidak bisa berdiri sendiri dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Sehingga diperlukan kerjasama yang baik dengan segenap insan Pers atau media massa. 

Pemerintah Kota Solok telah melaksanakan Kerjasama dengan media massa untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Informasi yang disampaikan berupa program kerja dan capaian-capaian Pemerintah Daerah yang telah dituangkan dalam visi besar Terwujudnya Kota Solok yang Diberkahi, Maju dan Sejahtera melalui Pengembangan Sektor Perdagangan dan Jasa yang Modern.

Selama tiga tahun kepemimpinan kami berbagai capaian pembangunan telah dapat kita usahakan bersama untuk kemajuan dan kesejahteraan Kota Solok.  Berjalannya proyek strategis yang bersumber dari anggaran Pemerintah Pusat dan Provinsi seperti pembangunan RSUD Kota Solok dengan anggaran Rp100 Miliar, pembangunan GOR H. Marah Adin, senilai Rp26 Miliar, Normalisasi Batang Lembang, melalui APBN senilai Rp62 Miliar, Pembangunan Embung Batang Binguang dengan anggaran Rp20,687 miliar dari APBN, pembangunan dan pemugararan 18 Masjid dari APBD Kota Solok, revitalisasi Pasar Raya Solok, pembangunan jalur pedestrian, pengembangan kawasan wisata Pulau Belibis dan Batu Patah Payo, dan penyelesaian Jalan Lingkar Utara dari APBN tahun 2024, dimana saat ini dalam proses lelang dengan anggaran Rp62,5 Miliar.

Selanjutnya program jaminan dan perlindungan sosial Solok Sehat Sejahtera telah diwujudkan melalui program Jaminan Perlindungan Kesehatan seluruh Warga Kota (Jamkesko), program perlindungan pekerja rentan sektor informal dan berpenghasilan rendah kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, Program sosial Gebuk Sakuku, dari ASN dan masyarakat untuk membantu warga yang kurang mampu.

" Gambaran pembangunan makro Kota Solok dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tahun 2022 ekonomi Kota Solok tercatat tumbuh positif 4,6% dan tahun 2023 tercatat naik 4,81%. Pendapatan Perkapita Kota Solok tahun 2021 Rp57,010 juta. Tahun 2023 naik menjadi Rp67,599 juta, lebih tinggi dibanding  Provinsi Sumatera Barat. Tingkat ketimpangan pendapatan (Gini Ratio) menujukkan perbaikan tiga tahun terakhir. Tahun 2021 tercatat 0,277 dan tahun 2023 menjadi 0,256," sebut wako.

Selanjutnya, Setelah Pandemi Covid-19, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Solok terus menurun. Tahun 2022 tercatat 3,90 % dan tahun 2023 turun menjadi 3,72 %. TPT Kota Solok Nomor 3 terendah di Sumatera Barat. Merujuk data BPS, Kota Solok adalah salah satu dari 10 Kota dengan Tingkat Kemiskinan Terendah di Indonesia tahun 2023 (peringkat 7). Indeks Pembangunan Manusia Kota Solok terus membaik dan tumbuh positif, dari 73,4 tahun 2005 menjadi 79,35 tahun 2022. Tahun 2023 tercatat naik menjadi 79,66.

Rekan-rekan media juga telah membantu Pemerintah Kota dalam pemberitaan serta publikasi capaian dan penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kota Solok, seperti penghargaan atas pelaksanaan pemerintahan yang mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian tujuh kali berturut-turut, Kepatuhan Penyelanggaran Layanan Publik tahun 2023 Kategori BAIK dengan nilai 84,88, Daerah Tertib Ukur dari Kementerian Perdagangan, Pengelolaan Statistik Daerah Terbaik, IGA Award 2023 (Pemerintahan yang Inovatif), Universal Health Coverage (UHC) Award 2023, Kota Sehat 2023, SPBE Award 2023, Penghargaan Kota Layak anak kategori Nindya, Kota Peduli HAM tahun 2023, Penghargaan Pastika Awya Pariwara dari Kementrian Kesehatan, penghargaan keaktifan di layanan Pusat Data Nasional, penghargaan atas pengelolaan BUMD, penghargaan Nirwasita Tantra dan Piala Adipura tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan serta penghargaan lainnya yang diterima oleh Pemerintah Kota Solok.

Selain itu, media massa juga telah berkontribusi besar atas terselenggara dan suksesnya event-event yang berlangsung di Kota Solok, seperti kesuksesan Kharisma Event Nusantara Rang Solok Baralek Gadang yang telah dilaksanakan dengan sangat baik, dan saat ini telah menjadi salah satu event pariwisata Budaya Nasional. 

" Saya atas nama Pemerintah Kota Solok mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perjalanan kerjasama media dalam penyebarluasan informasi yang selama ini Pemerintah Kota dan media massa lakukan. Selanjutnya, memasuki tahun akhir periode kepemimpinan Zul Elfian Umar – Ramadhani Kirana Putra ini kami menyampaikan permohonan maaf jika ada kesalahan dan kekurangan selama periode kempemimpinan Kami. Semoga silaturahmi dan komunikasi yang telah terjalin baik selama ini dapat terus berlanjut," tutup wako.(T/K)

Labels:
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.