DHARMASRAYA Lintasmedia.com

Kegiatan Pesantren Ramadhan ini dilaksanakan oleh seluruh siswa-siswi di Kabupaten Dharmasraya dengan tema, "Melalui kegiatan di bulan Ramadhan kita wujudkan percepatan penguatan pendidikan karakter (Pendidikan Pancasila) dan peningkatan ibadah siswa baik di sekolah maupun di rumah". 

Kegiatan ini dilaksanakan selama 17 hari mulai tanggal 18 maret sampai 3 april 2024. Bertepat di masjid-masjid terdekat dari sekolah masing-masing.

Pada kesempatan ini di hadiri Bupati Kabupaten Dharmasraya yang di wakili oleh Sekretaris Daerah, Forkopinda Kabupaten Dharmasraya, Kepala Dinas Pendidikan, Kakan Kemenag Kabupaten Dharmasraya, Kepala Instansi Vertikkan Se Kabupaten Dharmasraya , Kepala Cabang Dinas Wilayah V ,Kepala Sekolah SMK/SMA, SMP, SD Se Kabupaten Dharmasraya.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya menyampaikan "Terkait dengan penguatan karakter pendidikan pancasila,maka pada bulan ramadhan ini bisa di fokuskan untuk sila pertama, ketuhanan yang maha esa. Terkait dengan itu maka melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya sudah memberikan arahan pelaksanaan pesantren ramadhan, dimana aktivitas pesantren ramadhan dilaksanakan di masjid-masjid sekitar sekolah, guna menumbuhkan rasa cinta dan senang anak-anak berada di masjid", Ujar Bobby Perdana Riza.

Selanjutnya untuk mendukung pembentukan karakter anak, maka saya percaya program pendidikan karakter yang telah di susun Dinas Pendidikan melalui Inovasi Daerah, Sarana Pembentukan Karakter ( SATUKA ), merupakan kegiatan yang perlu dukungan dari seluruh pihak untuk mewujudkan perubahan karakter anak-anak menjadi lebih baik. Inovasi ini mendorong perbaikan karakter anak melalui hafalan serta pemahaman arti dan makna surah, "ucap Sekretaris Daerah.

Pada dasarnya kegiatan ramadhan, peserta didik akan di pantau selama sebulan, melalui buku harian ibadah siswa di bulan ramadhan atau agenda ramadhan.

Dalam sambutannya Bupati Kabupaten Dharmasraya, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Adlisman mengucapkan syukur atas kelancaran pembukaan yang berjalan dengan lancar dan sukses.

" Semoga melalui kegiatan ini kita bersama  peserta didik dapat meningkatkan ibadah dan membantu dalam penguatan karakter yang menimbulkan kecintaan siswa/siswi terhadap masjid dan alquran," tuturnya. (elda)

 
Top