Solok Kota Lintasmedianews.com – Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok lakukan evaluasi kinerja Tahun 2023 dan rencana kerja Saka Kalpataru Pramuka Kota Solok Tahun 2024 yang berlangsung di ruang rapat Khaidir Nuh DLH, Kamis (29/02).

Evaluasi dihadiri oleh Ketua Mabi Saka Kalpataru Kota Solok, Edrizal, SH, MM, Wakil Ketua Mabi Saka Kalpataru, Wadirman, S.Pd, M.M, Sekretaris Saka Kalpataru, Jefri Haryanto, Koordinator Pamong Saka Kalpatru, Satria Arjuna, Pamong Saka Kalpataru, Harmonis, S. Pd, dan Neneng Hadayani, A. Mf, serta perwakilan dari Kwarcab Kota Solok, Seluruh Pembina Krida Saka Kalpataru, Tim Pembimbing termasuk juga Pembina Saka Kapataru.

Adapun beberapa pokok yang menjadi pembahasan yaitu tentang pembentukan pengurus Majelis Pembimbing dan Pimpinan Cabang Saka Kalpataru Kota Solok. Kemudai terkait adanya Permintaan/ rekrutmen anggota Saka Kalpataru SLTA se Kota Solok sebanyak 11 Sekolah (SMA Negeri, SMA Swasta, SMKN dan MAN). Terdapat siswa yang mendaftar sebanyak 6 orang dari SMAN 2. Dalam hal Pendidikan krida belum dilaksanakan, dengan pertimbangan belum ada anggota dari sekolah lain dan Pada bulan Desember 2023 dilakukan sosialisasi dengan mengundang Gudep SLTA, yang dilaksanakan di bumi perkemahan Taman Pramuka dengan dihadiri 6 Sekolah.

Kemudian untuk Evaluasi Tahun 2023 antara lain mengenai Perubahan SK Pembentukan Pengurus Majelis Pembimbing dan Pimpinan Cabang Saka Kalpataru Kota Solok karena ada perubahan Pejabat Struktural. Pelaksanaan Latihan Dasar (Sosialisasi Saka) oleh Pengurus Majelis Pembimbing dan Pimpiman Cabang Satuan Karya Kalpataru Kota Solok yang dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 9 September 2023 di Agrowisata Batu Patah Payo. Terakhir pembinaan dan sosialisasi untuk perekrutan Anggota Saka Kalpataru ke 7 (Tujuh) SLTA Negeri di Kota Solok pada bulan Oktober s.d November 2023.

Adapun hasil dari upaya tersebut ialah hanya satu sekolah menyampaikan formulir pendaftaran anggota Saka Kalpataru, yaitu SMAN 2 Kota solok, 2 Orang pendaftar dan pelatihan anggota belum bisa dilaksanakan.
Masuk pada agenda Program Kerja Tahun 2024 yaitu Mencari upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat anggota Pramuka/ Sekolah untuk ikut bergabung dengan Saka Kalpataru. Terkait Anggaran yang tersedia untuk kegiatan tahun 2024, Mengenai penggantian transport anggota Saka serta melakukan monitoring dan evaluasi berkala.

Semoga rencana kegiatan tahun 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar serta evaluasi dari tahun sebelumnya itu menjadi catatan untuk semua,” harap Edrizal. (T/K)
 
Top