Padang , Lintas Media News
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, S. Sos.M.M menyerahkan bantuan penanganan darurat bencana untuk wilayah Kabupaten Padang Pariaman.

Bantuan tersebut, langsung diserahkan Kepala BNPB saat melakukan kunjangan kerja ke Provinsi Sumateta Barat di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat, Senin (11/3/2024).


Pada kunjungan Kerja tersebut, dilaksanakan rapat koordinasi dan evaluasi penanganan bencana banjir dan longsor.


Pada kesempatan tersebut, Pemerintah kabupaten Padang Pariaman menerima bantuan operasional Posko Penanganan Darurat Bencana sebesar Rp. 250.000.000,- dari BNPB yang diserahkan langsung oleh Kepala BNPB Letjend Suharyanto kepada Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur.


Suhatri Bur melaporkan, kondisi bencana di kabupaten Padang Pariaman kepada kepala BNPB RI Letjen Suharyanto.


” Dapat Kami laporkan kepada Bapak, akibat banjir dan tanah longsor tersebut, setidaknya lebih dari 4000 jiwa warga terdampak, korban Jiwa sebanyak 3 Orang, lebih dari 974 unit rumah warga terendam banjir, dan lebih dari 334 Ha lahan pertanian terendam.

“Lebih dari 62 titik banjir, lebih dari 38 titik longsor dari 151 unit infrastruktur rusak termasuk jalan, jembatan, bangunan infrastruktur kesehatan, dan air bersih, semuamya tersebar di 17 kecamatan dan 52 Nagari,” sebutnya.

Selanjutnya, Suhatri Bur menyampaikan, ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan BPBD adalah bentuk kepedulian Pemerintah Pusat melalui BNPB, langsung memberikan bantuan dan hadir di tengah-tengah masyarakat yang ditimpa musibah di Sumatera Barat khususnya di Padang Pariaman.


“Atas nama masyarakat Padang Pariaman kami ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Kepala BNPB yang telah hadir dan memberikan bantuan langsung kepada masyarakat, dimana bantuan ini dapat meringankan beban disaat penanganan darurat ini,” pungkasnya.

Usai kegiatan, rapat koordinasi dan evaluasi penanganan bencana banjir dan longsor dilakukan penyerahan bantuan oleh Sestama BNPB Dr. Rustian, S. Si., Apt., M. Kes, bersama Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi didampingi Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Sekretaris Daerah Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis.

Pada saat itu, langsung meninjau lokasi meluapnya air sungai, dan tergerusnya pinggiran sungai dikarenakan curah hujan yg tinggi, sehingga menyebabkan beberapa rumah warga roboh dan hanyut, di Korong Talao Mundam Nagari Ketaping.


Seperti diketahui, akibat dari bencana Banjir yang terjadi di lokasi tersebut, terdapat 17 rumah yang runtuh terdampak banjir di Korong Talao Mundam Nagari Ketapiang kecamatan Batang Anai.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan bantuan Operasional Posko Penanganan Darurat Bencana BNPB.

Bantuan tersebut, berupa paket Sembako, Terpal, Susu, Pelampung dan selimut yang diserahkan oleh Bupati Padang Pariaman dan didampingi oleh Sestama BNPB Dr Rustian. (*)

 
Top