50Kota Aceh Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Balikpapan Bank Nagari Bantaeng Batam Batang anai Bateang Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR Dumai FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Jeneponto Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk alung Lubuk Linggau Mentawai Meranti Merbau Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Ombilin Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Pagaralam Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Pauh kamba Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau samarinda Sawahlunto Selat panjang Semarang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sulawesi selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar Tangerang TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Berdiri Megah di Lingkungan DPRD Sumbar,Masjid Raya Asy Syura Diresmikan Wagub Sumbar


Padang,Lintas Media News
Masjid Raya Asy Syura Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar)
diresmikan Wakil Gubernur Sumbar
Audy Joinaldy didampingi Ketua DPRD Sumbar Supardi,wakil ketua DPRD Sumbar Irsyad Safar,wakil ketua DPRD Suwirpen Suib,Sekretaris Dewan (Sekwan) Raflis dan undangan lainnya di lingkungan DPRD Sumbar .Senin (4/3/2024). 

Masjid yang dilengkapi perpustakaan, Ruang Rapat, dan Fasilitas Lain itu,terdiri dari tiga lantai dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, dengan kapasitas jamaah 500-600 orang.

Ketua DPRD Sumbar Supardi dalam sambutannya mengharapkan,masjid yang menga ini tidak hanya dipergunakan untuk mengerjakan sholat lima waktu dan sarana ibadah saja,tapi juga dapat digunakan untuk kegiatan lainnya karena,masjid ini telah dilengkapi dengan fasilitas untuk berdiskusi, rapat dan pertemuan lainnya.

Menurut Supardi, Masjid ini juga telah difasilitasi dengan perpustakaan manual maupun digital,saat ini baru ada 2 ribu judul buku di pustaka digitalnya, namun ke depan, diharapkan bisa mencapai 2 juta judul buku nantinya.

Pada kesempatan itu,Supardi  mengajak seluruh yang hadir untuk mengenang kisah para tokoh yang pemikirannya diakui oleh dunia, namun bisa menghasilkan karya-karya besar dan dikenang sepanjang masa di tengah keterbatasan yang ada di masa lampau. 
Seperti Tan Malaka, dengan buku Madilog-nya dengan penjabaran pemikiran hebat mengenai materi, dialektik,dan logika; kemudian juga ada Buya Hamka, yang menghasilkan Tafsir Al Azhar-nya dalam sekian judul, yang dituntaskan saat dirinya berada di penjara, yang sangat terbatas tentunya.Sebut Supardi.

“Masa itu tidak ada Wi-Fi, AC, kipas angin, komputer, dan literasi yang terbatas, namun mereka lahiran sebuah ide yang luar biasa,” kenang Supardi.

Terkait keberadaan masjid Asy Syura DPRD Sumbar, Supardi menyampaikan harapan agar dengan adanya masjid ini, akan lahir literasi-literasi hebat nantinya, melalui fasilitas yang ada.

“Orang-orang pintar dan cerdas dilahirkan dari sejauh mana dia mampu menghasilkan literasi. Semoga melalui masjid ini , akan lahir literasi-literasi untuk generasi seterusnya,” ujar Supardi.

Sementara,Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar Audy Joinaldy dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar masjid ini bisa menjadi tempat beribadah bagi masyarakat sekitar, senantiasa beroperasi, sehingga menjadi keberkahan untuk semua.
Sekwan Raflis juga menyampaikan.
masjid ini lahir karena latar belakang keinginan pihak DPRD Sumbar untuk memperkuat dan memperkokoh keagamaan di lingkungan DPRD Sumbar yang sebelumnya masjid ini adalah mushollah.

Raflis menyebutkan,anggaran  pembangunan masjid berasal dari Anggara APBD Sumbar 2021 sampai periode anggaran 2022-2023, senilai Rp.22 milyar, dan dikerjakan selama 395 hari waktu pengerjaan.

Masjid yang dibangun tiga lantai ini 
dilengkapi dengan sejumlah sistem otomatis dan hemat energi. Ada juga penangkal petir elektrostatik digunakan untuk masjid, dan sejumlah kecanggihan lainnya juga dilengkapi ruang rapat serba guna yang bisa memuat 100 orang. Selain itu, ada ruang koperasi, perpustakaan, dan lainnya.Jelas Raflis.

Terkait perpustakaan,Raflis mengatakan,perpustakaan masjid yang terletak di lantai satu sudah kerjasama dengan pustaka nasional.

Kemudian, di lantai 2 ada ruang salat, yang memuat kapasitas sekitar 400-an orang, dan di lantai 3 bisa memuat jamaah sebanyak sekitar 125 orang. Dengan demikian, masjid ini bisa berkapasitas total sekitar 600-an orang.Tambah Raflis.

Usai memberikan sambutan,dilanjutkan dengan 
pengguntingan pita oleh wagub Sumbar Audy Joinaldy dan peninjauan ruangan masjid dan fasilitas yang ada menandai peresmian masjid telah dilakukan.(St)



[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.