Salido, Lintas Media News
Pantai yang bersih, angin sepoi-sepoi, pohon cemara yang tersusun rapi dan atraksi nelayan yang sedang maelo pukek, adalah pemandangan yang dapat dengan mudah disaksikan di Pantai Sago Indah, Salido, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

Itulah kesan yang disampaikan oleh Caleg DPRD Sumbar Partai Golkar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah ketika bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh nelayan di Pantai Sago Salido, Sabtu (3/2/2024) pagi.

Menurut Syafrizal Ucok, potensi keindahan Pantai Sago ini belum tergarap sehingga belum ada dampak untuk kesejahteraan nelayan. Belum ada wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, karena mobil kendaraan roda empat belum bisa langsung ke kawasan pantai. Di kawasan pantai juga belum tersedia fasilitas warung kuliner yang representatif.

"Jika masyarakat nelayan Pantai Sago memberikan amanah kepada kami menjadi Anggota DPRD Sumbar, maka Insya Allah salah satu perjuangan saya nantinya adalah membantu pembenahan destinasi wisata Pantai Sago ini melalui APBD Provinsi, sehingga akan melengkapi destinasi wisata di Pessel selain Pantai Carocok dan kawasan Mandeh," kata Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah, yang sehari-hari adalah Ketua LKAAM Kabupaten Pesisir Selatan.

Langkah pertama nantinya yang harus disusun terlebih dahulu adalah perencanaan atau DED Pantai Sago. Kemudian membenahi fasilitas jalan dan membangun jembatan sebagai akses untuk pengunjung dan lalu lintas hasil tangkapan nelayan. 

"Jika sudah ada master plan Pantai Sago dan DED maka akan mudah meraih dana pembangunan fasilitas pariwisata, apakah dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun dari Kene Pariwisata nantinya," kata Syafrizal Ucok, yang sehari-hari juga adalah Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Painan ini.

Paparan Syafrizal Ucok ini mendapat respons yang antusias dari nelayan Pantai Sago dan makin bertekad mereka mengantarkan Pak Ucok menjadi Anggota DPRD Sumbar. Karena dengan pembenahan kawasan pantai ini nantinya pasti akan berdampak kepada kesejahteraan nelayan dan kesejahteraan masyarakat Pantai Sago Indah pada umumnya. 

Tokoh masyarakat Sago Rosman Fikri yang mengkordinir pertemuan dengan nelayan ini meyakini bahwa kedepannya Pantai Sago Indah ini akan menjadi ikon pariwisata di Pesisir Selatan. Keindahan pantai dan pohon cemara yang rindang ini akan makin menarik jika nantinya dilengkapi dengan pondok ikan segar bakar dan gulai lauak pukek yang enak.

"Kalau akses langsung ke pantai sudah ada dan pembenahan kawasan ini dibantu oleh Pemprov atau Lemen Pariwisata, pasti Pantai Sago Indah ini akan maju dan berkembang," kata Rosman Fikri yakin.

Pertemuan silaturrahmi Caleg DPRD Sumbar Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah dengan puluhan tokoh-tokoh masyarakat nelayan Pantai Sago ini, diselingi dengan minum kopi dan gorengan serta mendengarkan kisah masa kecil Pak Ucok yang juga hidup di kawasan Pantai Painan dulunya.

"Kami Insya Allah bwrsama masyarakat di Pantai Sago Salido ini mendukung dan memberikan suara kepada Pak Syafrizal Ucok nanti di Pemilu 14 Februari, untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat nelayan disini," kata tokoh masyarakat Syahril sambil mengacungkan dua jari tanda nomor urut 2 untuk Syafrizal Ucok. (*)
 
Top