Payakumbuh,Lintas Media News
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) Supardi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) sosial keluarga dan pelatihan berusaha bagi Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) Angkatan II di Hotel Mangkuto Kota Payakumbuh pada Minggu, (25/2/ 2024).

Pada kesempatan itu Supardi mengatakan.Guna peningkatan kesejahteraan masyrakat di Sumbar,semua pihak harus proaktif mendukung pemberdayaan ekonomi dan social bagi WRSE.

Supardi menjelaskan. WRSE adalah Wanita Rawan Sosial Ekonomi, Wanita yang seharusnya menjadi tulang rusuk sekarang menjadi tulang punggung keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarga. 

Untuk itu,Supardi berharap dengan pelatihan ini ada sebuah motivasi untuk berkembang dan memunculkan inovasi usaha terbaru.

“Kita harapkan,dari pelatihan ini ibu-ibu WRSE akan mendapatkan sebuah ilmu yang akan membangkitkan semangat berusaha atau berkarya. Usia tidak lah membatasi kreatfitas untuk berfikir, berinovasi berusia lanjut dalam berkreatifitas memenuhi tuntutan ekonomi keluarga” ujar Supardi.

Supardi menegaskan,langkah ini merupakan salah satu upaya konkret dari Pemerintahan Daerah Provinsi Sumatera Barat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi kaum wanita yang seringkali terpinggirkan dalam perekonomian.

“Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini, akan lahir lebih banyak lagi perempuan-perempuan tangguh yang mampu mandiri secara ekonomi dan memperkuat struktur keluarga serta komunitas mereka,” harapnya.

Menurut Supardi, kegiatan ini menjadi bukti nyata dari komitmen pemerintah daerah dalam memberdayakan masyarakat, sekaligus menciptakan lingkungan yang inklusif dan berkesinambungan bagi semua lapisan masyarakat.

Sementara itu Kadis Sosial Provinsi Sumbar yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Sumbar Rumainur mengatakan, kegiatan Bimbingan Sosial Wanita Rawan Sosial Ekonomi ini merupakan langkah yang positif dan penting dalam meningkatkan kesadaran dan kemampuan wanita dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan sosial dan ekonomi.

‘’Kita berharap diharapkan para peserta dapat mengembangkan potensi dirinya menjadi agen perubahan yang positif bagi masyarakat Kota Payakumbuh pada umumnya, jelasnya.

Kegiatan bimtek ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Rumainur, SE, MT, Ketua Tim PSPKKM M. Sampurno, AKS, dan Sekretaris Dinas Sosial Kota Payakumbuh, Drs. B. Nasution.(*/St)
 
Top