Padang, Lintas Media News
Sekretaris Dewan (Sekwan) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) yang diwakili Kabag Persidangan Perundang-undangan Zardi Syahrir,SH.MM menerima kunjungan pimpinan dan anggota Badan Musyawara (Banmus) DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, diruang khusus I DPRD Prov. Sumbar, Selasa (20/2/2024).

Zardi menyampaikan, aktifitas DPRD Sumbar tidak terlepas dari Keputusan Banmus dimana selama tahun 2023 ada 332 kegiatan, dengan produktifitas 10 Perda dari 12 ranperda yang dibahas, baik perda komulatif terbuka maupun perda inisiatif DPRD Sumbar.

“Pelaksanaan sebaran informasi ini bagian dari kegiatan fasilitasi kegiatan yang dilakukan oleh sekretariat DPRD Sumbar untuk meningkatkan kepercayaan publik sekaligus bagaimana DPRD Sumbar mampu meningkatkan marwah penyelenggaraan pemerintahan Sumatera Barat di tingkat Nasional,” ungkap Zardi Syahrir.

Menurut Zardi, pelayanan fasilitasi tamu DPRD Sumbar selama tahun 2023 juga meningkat dengan jumlah orang berkunjung ke DPRD Sumbar lebih dari 10 ribu orang, baik dari DPRD kabupaten/Kota, DPRD Provinsi tetangga, kunjungan study pelajar, siswa dan mahasiswa serta masyarakat umum.

“Arahan Pimpinan dan Anggota DPRD Sumbar berharap bagaimana sekretariat DPRD ini memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dilingkup DPRD Sumbar memberi arti dan makna dimata publik  serta masyarakat, dalam pengabdian, berkarya memajukan pembangunan Sumbar,” katanya.

Zardi juga ungkapkan, DPRD Sumbar terus berupaya meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana Rumah Rakyat Sumbar, sebagai salah satu pusat kebanggaan masyarakat Sumatera Barat.

“Ada Masjid kecil cantik Assyura, ada lobi depan, ada videotron sebagai wadah informasi public secara langsung, kemudian juga fasilitasi 4 ruangan rapat kegiatan kedewanan dirapikan dan saat ini merapikan ruang sidang utama, karena kontruksi telah berusia 25 tahun lebih, sudah lapuk dan usang. Di kawatirkan jika terjadi gempa akan ambruk pada saat aktifitas kegiatan kedewanan,” ujarnya.
Pada kesempatan itu,Zardi juga menginformasikan kepada tamu bahwa dalam penyelenggaraan kinerja,DPRD Sumbar rangking 2(dua) se-Indonesia setelah DPRD DKI Jakarta dalam aktifitas kinerja dewan selama tahun 2023, berdasarkan survey indonesia indikator. Sebaran informasi kinerja dewan ini merupakan bahagian dari pertanggungjawaban kegiatan, baik dalam sisi dokumentasi maupun pelaksanaan sesuai hasil Badan Musyawarah (Banmus

Sementara, pimpinan rombongan Banmus DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Wirman Dt. Pangeran  menyampaikan, kunjungan anggota Banmus DPRD Kabupaten Limapuluh Kota adalah konsultasi fungsi dan wewenang Banmus guna meningkatkan kelembagaan DPRD.

“Kami melihat banyak hal yang belum dapat dilaksanakan dalam fasiltasi kegiatan kedewanan di DPRD Kabupaten Limapuluh Kota selama ini, belum tersedia fasilitasi Tim Pakar/Tenaga Ahli guna mensuport produktifitas kinerja DPRD pada hal sudah ada aturannya. Dan yang mirisnya kami belum lagi melaksanakan kegiatan Sosialisasi Perda ( Sosper) sebagaimana yang ada di DPRD Provinsi,” ujar Wirman.

Wirman juga menyampaikan, kedepan bagi anggota Banmus DPRD Kabupaten Limapuluh Kota hal-hal ini dapat menjadi rujukan dan masukan dalam upaya kita ikutserta meningkatkan kualitas peran dan fungsi DPRD guna kemajuan pembangunan daerah.

H. Mardi,SH,MH salah satu Tim Pakar DPRD Sumbar juga menyampaikan, keberadaan tim ahli ini pada dasarnya memberikan masukan, saran dan pandangan wawasan dalam setiap kegiatan pengambilan kebijakan sesuai fungsi dan peran DPRD Sumbar.

“Alhamdulilah saat ini Tim Pakat DPRD Sumbar diisi oleh 6 orang professor, 6  orang bergelar Doctor dari berbagai perguruan tinggi di Sumbar,  Ada Pamong berpengalaman di pemerintahan dan dari berbagai profesi yang ahli berpengalaman pada bidangnya,” ungkapnya.(*/St)
 
Top