Padang Pariaman,Lintas Media News
Peringatan Hari Jadi Kabupaten Padang Pariaman ke 191 di gelar dalam rapat sidang paripurna istimewa DPRD Padang Pariaman yang dipusatkan di hall IKK Bupati di Parit Malintang, Kamis (11/1/2024). Sidang Paripurna Istimewa DPRD Padang Pariaman dalam rangka Hari Jadi Padang Pariaman ke 191 dihadiri langsung Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya mengatakan hari jadi Kabupaten Padang Pariaman ditetapkan melalui peraturan Daerah Kabupaten Padang Pariaman nomor 6 tahun 2014. Dalam Perda di tetapkan tanggal 11 Januari 1833 sebagai Haji Jadi Kabupaten.

"Tanggal ini dipilih berdasar pada hasil rumusan seminar penelusuran Hari Jadi Kabupaten Padang Pariaman pada Kamis 30 Juli 2009 di gedung Saiyo Sakato Pariaman," ujar Suhatri Bur, Kamis (11/1/2024).

Dijelaskan Bupati, perkembangan pembangunan Kabupaten Padang Pariaman tertuang dalam RPJPD tahun 2005-2025 menunjukan suatu kemajuan yang cukup signifikan, meskipun dalam perjalanannya penuh tantangan dan berbagai hambatan.
Mengingat keterbatasan sumber daya yang ada di Padang Pariaman.

Namun dengan melihat potensi demografi, topografi dan pola pengembangan wilayah kabupaten Padang Pariaman yang cukup inklusif dan berkelanjutan dapat meminimalisir keterbatasan sumber daya tersebut.

"Visi pembangunan Kabupaten Padang Pariaman adalah Padang Pariaman Berjaya yaitu singkatan dari unggul, berkelanjutan, regilius, sejahtera dan berbudaya. Unggul di bidang agribisnis dan perdagangan berdasarkan sumber daya manusia yang berkualitas," tambahnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengatakan, pemerintah provinsi Sumatera Barat mengucapkan Hari Jadi ke 191 Padang Pariaman hari ini. Sesuai dengan tema Hari Jadi ini yakni maju bersatu untuk Padang Pariaman Berjaya. Artinya perkembangan dan pertumbuhan pembangunan di Padang Pariaman semakin maju, semua ini tidak terlepas dengan saling berkolaborasi dengan semua pihak.

Dalam rapat sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Pariaman ini juga dihadiri tokoh-tokoh masyarakat baik di ranah maupun di rantau, ASN di lingkungan Padang Pariaman, niniak mamak, Bundo kandung, dan seluruh masyarakat Padang Pariaman. Peringatan Hari Jadi ke 191 Kabupaten Pariaman ini di tutup dengan prosesi tradisi makan Bajamba digelar di masjid Agung Parit Malintang Padang Pariaman.(*)

 
Top