SIAK,Lintas Media News
Sekretaris Camat (Sekcam) Sungai Apit, Bapak Susandi, S.IP, M.IP membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Sharing Session ke-2 dari Progam Pemberdayaan Masyarakat (PPM) / CSR PT. Imbang Tata Alam (ITA) yang mengambil tempat di aula pertemuan Teras Bakau Mangrove Sungai Bersejarah (MSB) Kampung Kayu Ara Permai Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak yang dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 13 sampai 14 Januari 2024.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk memperkuat kapasitas Kelompok Ekowisata Mangrove dan POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) serta sebagai ajang bertukar pikiran di antara Kelompok Penggiat Mangrove binaan PT. ITA dengan harapan dapat menambah semangat pengurus kelompok dalam melestarikan lingkungan dan memajukan ekonomi atau Wisata melalui Mangrove.

Dalam sambutannya Sekcam Sungai Apit menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada EMP PT. Imbang Tata Alam yang selama ini dinilai terus mensuport kegiatan dan hal positif lainnya di wilayah operasional Kecamatan Sungai Apit. Ia berharap sinergitas dan kerjasama yang sudah berjalan dapat terus ditingkatkan kedepan demi kepentingan masyarakat banyak.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kecamatan Sungai Apit kami sangat berterima kasih kepada EMP PT. ITA yang telah mendukung Pemerintah dan peduli terhadap kepentingan masyarakat serta lingkungan selama ini. Terbukti dilapangan pihak perusahaan secara bertahap terus menyalurkan CSR nya dengan baik seperti mendukung kegiatan Mangrove Sungai Bersejarah ini diberbagai aspek, mulai jembatannya atau trecking, bangunan Musholla dan kelengkapannya, dan suport kegiatan lainnya," ucap bapak Susandi.

Lebih lanjut orang nomor dua di Pemcam Sungai Apit tersebut mengakui bahwa selain Kelompok MSB Kampung Kayu Ara Permai, bantuan turut direalisasikan di berbagai program positif lainnya, "Kemudian PT. ITA juga selalu suport Pemcam Merbau dalam berbagai kegiatan baik MTQ maupun program lainnya, membantu kepemudaan di Kampung-Kampung wilayah operasional serta kegiatan positif lain yang tidak dapat kami sebutkan secara dtail, ini membuktikan kerjasama yang baik telah berjalan sesuai yang kita harapkan bersama," ungkap Sekcam Bapak Susandi.

Sementara itu, Act. Area Manager PT. ITA, Bapak Hadi Purnawan dalam sambutannya memberikan ucapan selamat kepada seluruh peserta dari Kecamatan Merbau dan Kecamatan Sungai Apit yang terus berjuang bersama melestarikan lingkungan terutama Mangrove di wilayah ini. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi ajang bertukar pikiran antara sesama sehingga menambah semangat dalam melestarikan lingkungan, Wisata dan ekonomi masyarakat kedepan melalui Konservasi Mangrove.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini sehingga bisa berjalan dengan baik, ucapan terima kasih juga tidak lupa kami sampaikan kepada Unsur Pimpinan Kecamatan Sungai Apit yang selama ini terus mensuport program Perusahaan dan bersinergi dengan baik, semoga langkah positif kita bersama seperti ini dapat berjalan lebih baik lagi kedepannya," pungkas Bapak Hadi Purnawan. 

Menariknya kegiatan kali ini akan belajar tentang bagaimana mendapatkan SK MENTERI LHK dalam Pengelolaan Kawasan Mangrove dengan Pembicara oleh Ibu Nurhaya dari Kelompok Mangrove Desa Lukit Kecamatan Merbau yang telah sukses mendapatkan SK MENTERI LHK untuk mengelola kawasan Mangrove seluas 79,2 ha di Lukit serta belajar tentang olahan Mangrove menjadi produk Dodol, Sirup, dan lain-lain.

Kemudian seluruh peserta juga belajar Desain Grafis yang narasumbernya didatangkan dari Kota Bandung Bapak Heri sebagai proposional bidang percetakan dan Bapak Wildan sebagai desain grafis dengan harapan kedepan dapat menciptakan inovasi kemasan Produk dan oleh-oleh bagi para pengunjung Mangrove serta peluang lainnya. Kegiatan ini juga dimeriahkan penampilan Sanggar Seni Sri Penguling Kampung Kayu Ara Permai yang menampilkan Lagu-lagu Zapin Melayu dengan Musik Gambus & Marwas.

Terlihat hadir selain Sekcam Sungai Apit juga hadir dalam pembukaan tersebut Danramil Sungai Apit, Bapak Kapten Antonius Napitupulu, Kapolsek Sungai Apit yang diwakili Kanit Shabara, Bapak IPTU Timbul Lingga, Bhabinkamtibmas Kampung Kayu Ara Permai, Bapak AIPDA Rhomi Saputra, Babinsa Kayu Ara Permai, Bapak Kopda Ahmad Saifuddin, Penghulu Kampung Sungai Kayu Ara, Bapak Tarmizi, Ketua BAPEKAM Kayu Ara Permai, Bapak Rafiq Hardani, S.IP, Pengurus Kelompok LASKAR MANDIRI Kampung Kayu Ara Permai pengelola Wisata MSB Kayu Ara Permai sebagai Panitia, puluhan perwakilan Kelompok Ekowisata Mangrove dan POKDARWIS dari Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak dan Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti.

Hadir dari PT. ITA selain Act. Area Manager, Bapak Hadi Purnawan terlihat turut didampingi SHE Supt, Bapak Efrizal, FOSS, Bapak Asep Iwan Setiawan, Site Manager Security, Bapak AKBP Purn. Daflius, Tim CSR & GPA, Bapak Arip Hidayatuloh, Bapak Iswardi, Bapak Rahmad Adi, Bapak Wan Zulfan dan Bapak Andi Saputra.(Nina).
 
Top