Lintasmedia news.com,Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah setempat khususnya yang tinggal di bantaran Sungai Nabuan dan Batang Siat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir. 

"Karena pada saat ini wilayah Kabupaten Dharmasraya memasuki musim penghujan, dan sungai di DAS Batang Hari ,Batang Timpeh,Batang Siat,dan Batang Piruko dalam keadaan naik," kata Pariyanto SH ketua DPRD Dharmasraya yang maju di dapil Sumbar 6 ketika beliau sedang turun kelapangan pada TKP banjir tersebut,di Abai Siat Kecamatan Koto Besar (31/12/23).

Menurut politisi Partai PDIP ni, pihaknya mengharapkan koordinasi kinerja bersama instansi terkait dalam mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap musibah banjir yang terjadi di daerah ini.

Selain memaksimalkan fungsi lembaga yang sudah ada seperti  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), juga perlu upaya preventif seperti sosialisasi ke masyarakat secara langsung.

Pria yang telah duduk tiga periode di bangku dewan ini juga menuturkan, daerah ini memang sangat besar potensi kekayaan alamnya, seperti pertanian, perkebunan dan lain-lainnya. Namun dari sisi negatifnya juga termasuk daerah rawan bencana salah satunya bencana banjir.

"Seperti bantuan beras,Sembako dan Mie instan disalurkan ke Korlap dan Wali Nagari setempat, bencana banjir seperti tingginya curah hujan sehingga meluapnya Sungai , dan juga bencana tanah longsor sudah sangat sering dan kerap terjadi di setiap tahunnya," jelas ketua Dewan tersebut.

Selain waspada terhadap banjir, dia juga berharap kepada warga masyarakat agar selalu waspada terhadap api, karena api salah satu faktor terjadinya bencana kebakaran. 

"Jika terjadi musibah kebakaran dan banjir ,saya berharap agar warga secepatnya bisa melaporkan atau menghubungi kepada dinas terkait seperti pemadam kebakaran dan BPBD setempat, agar bencana tersebut bisa segera ditanggulangi," pungkasnya. (elda)
 
Top