PADANG,Lintas Media News
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) menerima kunjungan Universitas Eka Sakti (Unes) Padang dalam kegiatan sosialisasi pendidikan tinggi. 

Kedatangan pihak perguruan tinggi UNES tersebut disambut oleh Kasubag Humas dan Protokol Darul Idris di ruangan khusus I DPRD Sumbar.Senin (15/1/2024).

Pada kesempatan itu,Kepala Diklat RPL Unes Padang, Prof. Agus Salim mengatakan dalam sosialisasi tersebut mereka memaparkan tentang perkuliahan jalur RPL. 

"Jadi kami sosialisasikan karena para pegawai maupun anggota DPRD Sumbar bisa mempertimbangkan mengikuti perkuliahan jalur RPL di Unes Padang," ujarnya. 

Ia mengatakan Unes menjadi perguruan tinggi pertama di Sumbar yang memiliki program RPL. Hingga Tahun 2022 dan 2023 pun Unes masih menjadi perguruan tinggi satu-satunya dengan program RPL. 
"Program ini amat memudahkan para mahasiswa yang telah bekerja karena memang didesain khusus untuk mereka," katanya lain. 

Selain itu, tambah Agus, keuntungan lain dengan berkuliah program RPL di Unes Padang adalah mahasiwa dapat memangkas watu perkuliahan. 

"Jika mahasiswa itu memiliki kemampuan yang memadai maka waktu perkuliahan menjadi singkat. Misalnya s1 dari empat tahun bisa menjadi dua tahun atau s2 dari dua tahun menjadi 1 atau 1,5 tahun," katanya. 

Adapun beberapa program studi yang tersedia untuk program RPL tahun akademik 2023/2024 untuk S1 yakni Teknik Elektro, Teknik Mesin, Manajemen, ilmu pemerintahan dan ilmu hukum. Sementara untuk S2 ada Ilmu Hukum.

Biaya pendidikan juga dapat dijangkau seperti Teknik Elektro untuk S-1 Rp 2.950.000, Teknik Mesin untuk S-1 Rp 2.950.000, Manajemen S-1 Rp 3.750.000, Ilmu Pemerintahan S-1 Rp 3.150.000, Ilmu Hukum S-1 Rp 3.750.000, dan Ilmu Hukum untuk S-2 Rp 7.000.000,.papar Agus.

Menanggapi apa yang telah dipaparkan Prof. Agus Salim tersebut,Dahrul Idris menyambut baik program tersebut, akan menyampaikan ke website DPRD Sumbar.

“Bagi yang berminat silahkan Langsung mendaftar dan bisa juga memberikan informasi kepada keluarga dan teman-teman,” ujar Idris.

Sementara,Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis menyampaikan,akan memotivasi para pegawai staf sekretariat DPRD untuk terus memiliki kemauan meningkatkan kompetensi masing-masing salahsatu caranya bisa dilakukan dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Para pegawai DPRD Sumbar baik itu ASN maupun non ASN terlihat antusias mengikuti sosialisasi tersebut. (St)
 
Top