PADANG,Lintas Media News
Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS Semen Padang kembali meraih penghargaan. Kali ini, lembaga pengumpul sekaligus penyalur zakat dari karyawan Semen Padang Group itu, meraih tiga penghargaan pada ajang UPZ Awards 2023.

Ketiga penghargaan itu adalah, Kategori UPZ Pelaporan Terbaik dengan predikat Bintang 5,  UPZ Pengumpulan Terbaik dengan predikat Bintang 4, dan UPZ Penyaluran Terbaik dengan predikat Bintang 4. Predikat Bintang 5 merupakan penghargaan dengan nilai tertinggi pada ajang tahunan yang digelar BAZNAS RI.

Penghargaan itu diserahkan oleh Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA dan Wakil Ketua BAZNAS RI H. Mohkhamad Mahdum, SE pada Rapat Kerja UPZ BAZNAS Tingkat Nasional dan UPZ Awards 2023 yang digelar pada Selasa (5/12/2023) malam di Jakarta. 

Ketua Pengurus UPZ BAZNAS Semen Padang, Durain Parmanoan mengucapkan terima kasih kepada manajemen dan seluruh karyawan Semen Padang Group yang telah memberikan kepercayaan kepada UPZ BAZNAS Semen Padang untuk mengumpulkan dan menyalurkan dana zakat.

"Alhamdulillah, penghargaan ini kami raih atas dukungan manajemen dan karyawan PT Semen Padang. Karena, penghargaan UPZ BAZNAS ini berhasil kami raih berkat dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepada kami," kata Durain yang hadir menerima pengahargaan UPZ Awards 2023. 
Kepala Pelaksana Harian UPZ BAZNAS Semen Padang Muhammad Arif yang turut hadir menerima penghargaan UPZ Awards 2023 menambahkan bahwa penghargaan ini juga merupakan keberhasilan karyawan Semen Padang Group. Sebab, zakat yang dikumpulkan UPZ BAZNAS Semen Padang murni dari zakat karyawan Semen Padang Group.

"Jadi, penghargaan yang diraih ini merupakan keberhasilan karyawan Semen Padang Group. Dan, UPZ BAZNAS Semen Padang sangat membutuhkan dukungan dari karyawan Semen Padang Group untuk keberlangsungan program-program UPZ BAZNAS Semen Padang ke depan," kata Arif.

UPZ BAZNAS Semen Padang, lanjut Arif, bukan kali ini saja menerima penghargaan dari BAZNAS RI. Bahkan sejak 2017, UPZ BAZNAS Semen Padang selalu meraih penghargaan dari BAZNAS. "Ya, tiap tahun dapat penghargaan. Dan, tentunya berbagai penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi kami dalam mengumpulkan dan menyalurkan zakat," ujarnya.

Arif pun membeberkan indikator penilaian dari tiga penghargaan UPZ Awards 2023. Untuk Kategori UPZ Pelaporan Terbaik Bintang 5, berhasil diraih karena UPZ Semen Padang dalam pelaporan ke BAZNAS RI telah sesuai dengan waktu yang ditetapkan BAZNAS RI, seperti pelaporan bulanan, semester dan tahunan, serta syarat dan aturan lainnya.

Kemudian untuk kategori UPZ Pengumpulan Terbaik predikat Bintang 4, dinilai berdasarkan jumlah penerimaan zakat yang berhasil dipertahankan dan ditingkatkan. Bahkan sejak Januari hingga November 2023, jumlah dana zakat yang diterima UPZ BAZNAS Semen Padang dari karyawan Semen Padang Group sekitar Rp7,8 miliar.

"Selanjutnya untuk penghargaan Kategori UPZ Penyaluran Terbaik dengan predikat Bintang 4, karena sejauh ini Baznas RI menilai bahwa UPZ BAZNAS Semen Padang telah mendistribusikan dan pendayagunaan dana zakat yang sesuai dengan prinsip 3A, yaitu Aman Syar'i, Aman regulasi dan Aman NKRI," ujar Arif.

Sementara itu, Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis, mengapresiasi UPZ BAZNAS Semen Padang yang berhasil meraih tiga penghargaan pada ajang UPZ Awards 2023. Ketiga penghargaan itu semakin membuktikan bahwa UPZ BAZNAS Semen Padang telah melakukan pengelolaan zakat karyawan PT Semen Padang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kami turut merasa bangga atas penghargaan yang diraih UPZ BAZNAS  Semen Padang. Karena, ketiga penghargaan itu semakin membuktikan bahwa UPZ BAZNAS Semen Padang telah mengumpulkan, menyalurkan dan melaporkan zakat karyawan Semen Padang Group sesuai ketentuan," kata Iskandar.

Seperti diketahui, UPZ Award 2022 merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh UPZ yang telah terlibat dan mendukung upaya BAZNAS RI dalam menyejahterakan umat. Karena, keberadaan UPZ selama ini dinilai telah berperan penting dalam membantu BAZNAS RI, BAZNAS provinsi, atau BAZNAS kabupaten/kota dalam melakukan pengumpulan zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan.

UPZ BAZNAS Semen Padang telah meraih penghargaan Baznas Award sejak 2017, 2018, dan 2019. Pada 2020, UPZ Semen Padang tidak ikut berpartisipasi pada ajang tahunan tersebut, karena pandemi Covid-19.  Kemudian kembali meraih penghargaan pada tahun 2021, dan 2022. (*)
 
Top