DUMAI,Lintas Media News
 Sebanyak 40 anak tingkat Sekolah Dasar di Kelurahan Bangsal Aceh dan Purnama Kota Dumai pada Sabtu (23/12/2023), mendapat bantuan khitanan massal gratis dari PT Semen Padang sebagai wujud kepedulian dan sumbangsih perusahaan kepada masyarakat lingkungan.

Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis mengatakan, perusahaan melaksanakan program khitanan massal di Dumai tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan. Program ini merupakan bagian dari komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

"Program khitanan massal Ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan kepada warga sekitar, berdasarkan prinsip Triple Bottom Line yang dianut perusahaan, Semen Padang tidak hanya mengedepankan aspek keuntungan semata, namun juga mampu menjaga hubungan yang harmonis dengan masyarakat sekitar" kata Iskandar. 
Staf TJSL PT Semen Padang Nurwan yang hadir pada kegiatan khitanan itu menambahkan, kegiatan sunatan massal ini menyasar ke anak anak berada di sekitar wilayah operasi Semen Padang Unit Grinding Plant Dumai dan juga bagian dari program sosial perusahaan untuk menanamkan rasa kebersamaan di tengah masyarakat.

"Program khitanan massal ini lebih dibutuhkan warga mengingat saat ini anak libur sekolah. Selain itu kita ingin program yang diberikan perusahaan bermanfaat dan ada kontribusi positif bagi lingkungan sekitar," kata Nurwan didampingi Kepala Unit Grinding Plant Dumai Teguh Soviyanto dan Manager Operasional Unit Dumai, Sujarmadi.

Semen Padang, lanjutnya, dalam setahun ini sudah menyalurkan dana TJSL kepada masyarakat di Kota Dumai, yaitu bantuan alat tangkap ikan bagi nelayan, beasiswa belajar dan saat ini program khitanan massal.

Pada program khitanan ini, anak-anak akan mendapat perawatan dua kali kontrol dan obat-obatan serta uang saku untuk pembelian alat keperluan sekolah. "Kegiatan ini melibatkan 19 tenaga kesehatan dan dokter, sedangkan untuk kemudahan kontrol ulang anak anak akan disiapkan jadwal dan tim medis di kantor lurah," katanya. 

Sementara, Lurah Bangsal Aceh Indra Jaya menyampaikan rasa terimakasih dan bangga atas sumbangsih Semen Padang dengan program khitanan massal untuk anak anak yang memang sudah cukup umur untuk melaksanakannya.

Pelaksanaan khitanan massal ini membuktikan keberadaan PT Semen Padang di Kelurahan Bangsal Aceh yang membawa harapan bagi warga dengan dukungan nyata dan langsung dirasakan manfaatnya.

"Pemerintah Kelurahan menyampaikan rasa bangga dan apresiasi tinggi kepada Semen Padang yang memberikan perhatian dan mendukung pertumbuhan anak anak dengan beasiswa dan khitanan massal. Kami berharap tahun berikutnya program TJSL ini tetap ada dan program yang diberikan dapat menyentuh kepentingan masyarakat banyak seperti program saat ini," kata Lurah Indra Jaya.

Salah satu orang tua penerima manfaat program khitanan massal bernama Ema, mengaku senang diadakan kegiatan khitanan massal ini, karena sangat meringankan biaya orang tua dan pelaksanaannya dinilai tepat yaitu pada saat waktu libur sekolah.

Dia menilai sejak adanya PT Semen Padang di Kelurahan Bangsal Aceh Kecamatan Lubuk Gaung ini banyak program CSR yang diterima oleh warga sekitar dan program yang diberikan dirasakan langsung manfaatnya bagi warga.

"seperti sunatan massal ini yang dibantu oleh Semen Padang. Kehadiran perusahaan di tengah masyarakat sangat terasa dan memberikan dampak positif bagi sekitar," kata Ema.(*)
 
Top