PADANG,Lintas Media News
Perkumpulan Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (PERTAHKINDO) DPD SUMBAR menggelar seminar nasional dengan mengangkat tema “Sinergi Pemerintah Daerah dengan Asosiasi Tenaga Kerja dalam Pengembangan Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi di Sumatera Barat”, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) ke-2 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (20/12/2023), di Padang. 

Dikatakan oleh Ketua DPD PERTAHKINDO Sumbar Albert Anwar, sinergitas merupakan satu hal penting bagi PERTAHKINDO. 

"Bersinergi dan berkolaborasi adalah upaya PERTAHKINDO Sumatera Barat dalam menjawab tantangan pengembangan potensi tenaga kerja di Sumatera Barat," jelas Albert.

Sinergi dan kolaborasi ini, diakui Albert, akan jadi fokus proyeksi DPD PERTAHKINDO Sumbat ke depannya. Dijelaskan, DPD PERTAHKINDO Sumbar akan memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan asosiasi badan usaha, asosiasi Profesi tenaga ahli jasa konstruksi, perguruan tinggi dan SMK, dan pemerintahan daerah di Sumbar.

"Tujuannya yaitu mewujudkan PERTAHKINDO menjadi lebih baik untuk ke depannya. Saat ini, kolaborasi dengan pemerintah daerah yang terjalin adalah dengan Dinas Sumber Daya Air dan bina konstruksi provinsi Sumatera Barat, Dinas PUTR Kabuparen Pesisir Selaran, dan Dinas PUPR Kota Solok," sebut Albert.

Diketahui, berdasarkan data terbaru, DPD PERTAHKINDO Sumbar saat ini beranggotakan sebanyak 256 orang anggota berstatus aktif atau memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA).
Sedangkan, diakui Albert, untuk saat ini, potensi pengembangan infrastruktur maupun konstruksi sumber daya manusia di Sumbar sudah bagus. Bahkan, Ketua Umum DPP Aries Wimaruta menyatakan bahwa potensi pengembangan PERTAHKINDO untuk Sumbar cukup baik. 

“Pembangunan sektor konstruksi dan potensi pengembangan yang tetap strategis ini luar biasa. Infrastruktur dan konstruksi itu berpotensi besar dan sumber daya manusianya juga bagus. Ya kooperatif, inovatif dan juga kolaboratif. Itu sebagai modal utama membangun masyarakat jasa konstruksi di Indonesia,” jelas Aries.

Rangkaian kegiatan Musda II PERTAHKINDO Sumbar sendiri, selain seminar nasional, juga diisi dengan agenda penyusunan rencana kerja strategis, penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan Banyak Organisasi (RAPBO), dan pemilihan Ketua DPD Sumbar 2024-2029. 

Melalui Musda yang dibuka resmi oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Sumbar Fathol Bari itu, akhirnya diputuskan kepemimpinan organisasi untuk periode berikutnya tetap melanjutkan kepemimpinan terdahulu, dengan proyeksi jangka pendeknya peningkatan sinergitas organisasi dengan pemerintah daerah, perguruan tinggi, dan SMK se-Sumbar, serta organisasi badan usaha dan profesi di Sumbar.(***)
 
Top