MERANTI,Lintas Media News
 Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Pelatihan, Pembekalan dan Ujian Sertifikasi Kompetensi Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Pemerintah Level 1, Senin (11/12/2023) di Ballroom Grand Meranti Hotel, Selatpanjang.

Kegiatan itu dibuka oleh Plt Bupati Kepulauan Meranti Asmar melalui Sekretaris Daerah Bambang Suprianto. 

"Semoga semakin banyak ASN kita yang memiliki kemampuan dalam proses pengadaan barang dan jasa,” kata Bambang.

Lebih lanjut, dia juga meminta setelah APBD 2024 selesai dievaluasi, segera dilakukan penginputan Rencana Umum Pengadaan (RUP) ke dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) yang disediakan oleh LKPP.

“Agar proses pengadaan barang dan jasa dapat berjalan maksimal dan juga kinerja percepatan pembangunan untuk mewujudkan Meranti maju, cerdas dan bermartabat,” katanya.

Bambang memerintahkan para ASN di lingkungan Pemkab Meranti yang menjadi peserta untuk serius serta fokus dalam menyerap ilmu yang disampaikan oleh narasumber. 

“Saya berharap pada pelaksanaan ujian sertifikasi nanti, seluruh peserta yang hadir di sini lulus 100 persen,” harap Sekda Bambang.

Sebelumnya, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Dr. Abu Hanifah menjelaskan ujian tersebut bertujuan untuk menghasilkan SDM yang memiliki sertifikasi dan kompetensi PBJ. Sebab menurutnya, kinerja di OPD tergantung pada kinerja pengadaan barang dan jasa.

“Agar sinkron proses pengadaan dan pelaporan dengan baik, maka perlu memiliki SDM yang bersertifikasi barang dan jasa minimal level 1,” ujarnya.

Dia juga berharap 40 orang peserta dari seluruh OPD di lingkungan Kabupaten Kepulauan Meranti yang mengikuti kegiatan itu, bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

“Pelaksanaan akan dilaksanakan 4 hari, dengan harapan semua peserta lulus,” harapnya.

Pelatihan, pembekalan dan ujian tersebut bekerjasama dengan Lembaga Pusat Pendidikan Nasional. (Nina /rls).
 
Top