PADANG,Lintas Media News
Dalam rangka memperingati Hari HIV/AIDS Sedunia yang digelar setiap 1 Desember, PT Semen Padang mengadakan kegiatan lomba senam bersama, sosialisasi HIV/AIDS dan berbagai kuis yang diikuti oleh karyawan dilingkungan Semen Padang Group, Jumat (22/12/2023) pagi. 

Lomba senam bersama yang digelar di Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang, diikuti oleh ratusan karyawan Semen Padang Group. Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang, Oktoweri dan sejumlah staf pimpinan, turut hadir memeriahkan rangkaian kegiatan tersebut.

Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang, Oktoweri berharap yang lomba senam bersama ini dapat menjadi sarana edukasi bagi karyawan. Karena, pada lomba senam bersama ini, juga ada pemaparan tentang penyakit HIV/AIDS oleh dokter perusahaan kepada peserta lomba senam. 

"Semoga kegiatan ini menjadi sarana edukasi bagi karyawan, dan kami juga berharap agar pengetahuan tentang HIV/AIDS yang didapat pada acara ini dapat ditularkan kepada lingkungan, terutama pada keluarga bahwa penyakit menular HIV/AIDS adalah penyakit berbahaya yang belum ada obatnya," kata Oktoweri. 

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati menambahkan bahwa pada momentum Hari HIV/AIDS Sedunia dengan tema "Let Communities Lead" sejumlah kegiatan digelar oleh PT Semen Padang. Selain lomba senam bersama, juga ada sosialisasi dan edukasi tentang bahaya HIV/AIDS kepada siswa/wi SMA, lomba ranking 1 antar unit kerja serta lomba desain baliho Hari HIV/AIDS.  

"Berbagai kegiatan ini digelar, agar karyawan dapat memahami dampak penyakit menular tersebut, termasuk bagaimana cara mencegah penyebarannya," kata Anita. 
Dokter Perusahaan PT Semen Padang dr. Andy Riva Dana dalam pemaparannya saat lomba senam bersama itu menyampaikan bahwa masalah HIV/AIDS merupakan masalah yang serius. Human Immunodeficiency Virus (HIV), adalah penyakit lumpuhnya sistem pertahanan tubuh, sehingga orang yang terserang HIV mudah terpapar penyakit lainnya.

Sifat-sifat dari HIV sendiri diketahui hanya bisa bertahan dan mereplikasi diri dalam tubuh manusia dan tidak bisa hidup di luar tubuh manusia.  Sementara AIDS, atau dengan kepanjangan Acquired Immune, Defieciency Syndrome, adalah gejala-gejala yang disebabkan oleh HIV.

HIV/AIDS, katanya melanjutkan, merupakan penyakit mematikan dan menular yang sampai saat ini belum ada obatnya. Dan, epidemi terkonsentrasi pada populasi tertentu dapat mengarah menjadi epidemi pada populasi umum. "Epidemi tersembunyi ini menimbulkan fenomena gunung es. Namun, perlu digarisbawahi bahwa HIV/AIDS tidak dapat menular melalui hubungan sosial," ujarnya.

dr. Andy Riva menambahkan,  HIV/AIDS dapat menular akibat beberapa hal, terutama penggunaan jarum suntik yang tidak steril dan seks bebas. "Untuk itu, mari hindari potensi tersebut, sosialisasi ini diharapkan dapat menanamkan pemahaman kepada kita semua dan lingkungan sekitar kita," kata Andy Riva.

Salah seorang karyawan PT Semen Padang, M Andeka Frandala, mengucapkan terima kasih kepada manajemen perusahaan yang telah memfasilitasi karyawan untuk kegiatan lomba senam bersama. Menurutnya, kegiatan lomba senam bersama ini secara tidak langsung dapat menimbulkan budaya olahraga pagi bagi karyawan. 

Selain itu, lomba senam bersama ini tentunya juga menjadi ajang untuk meningkatkan silahturahmi karyawan PT Semen Padang, dan juga dapat meningkatkan kekompakan karyawan. Sebab, usai lomba senam bersama juga ada kuis Rangking I yang diikuti karyawan antar departemen. "lomba ranking 1 nya sangat seru, ternyata pertanyaan yang diberikan kebanyakan berasal dari paparan tentang HIV/AIDS yang disampaikan," kata Andeka.

Kemudian, manfaat lainnya dari senam bersama ini, tambah Andeka, adalah adanya kegiatan sosialisasi dan edukasi dari dokter perusahaan tentang penyakit HIV/AIDS. "Bagi saya pribadi, edukasi dan sosialisasi tentang HIV/AIDS ini dapat menambah pemahaman saya tentang bahaya dari HIV/AIDS," pungkas Andeka.

Lomba senam bersama itu turut dimeriahkan dengan pembagian doorprize menarik dari sejumlah sponsor seperti Mandiri Inhealth, Semen Padang Hospital (SPH), dan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Hermina. Selain pembagian doorprize, juga ada pemeriksaan kesehatan gratis dari SPH.(*)
 
Top