Padang,Lintas Media News
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) Supardi pimpin rapat ekspos kinerja DPRD Sumbar selama tahun 2023,di ruangan khusus I DPRD Sumbar.Senin (18/12/2023).

Didampingi Sekretaris Dewan (Sekwan) Raflis,Ketua Komisi III DPRD Sumbar Ali Tanjung,Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Sumbar, Zardy Syahrir dan Kasubag Protokol dan Kehumasan Darul Idris,Supardi memaparkan kinerja DPRD Sumbar selama tahun 2023.

Dimulai dari Sumber Daya Manusia (SDM)nya,kata Supardi.DPRD Sumbar saat ini memiliki 253 orang tenaga yang bekerja sesuai tupoksinya masing- masing yaitu,Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 90 orang selebihnya tenaga honorer dan tenaga outsorcing/kontrak.

Menurut Supardi,walau DPRD Sumbar tidak memiliki OPD-OPD seperti Pemprov, DPRD tetap berupaya agar semua pekerjaan berjalan sesuai Tupoksi.

Supardi menjelaskan, dari jumlah ASN yang ada di DPRD Sumbar, sebagian besar berusia 46-58 tahun. Artinya hanya sedikit sekali yang muda dan melek teknologi. Adapun SDM yang berstatus ASN berusia 20-35 tahun hanya sebanyak 9 orang.
Pada kesempatan itu Supardi juga menjelaskan tentang Peraturan Daerah (Perda) inisiatif DPRD yang telah terealisasi dan di sahkan dalam tahun 2023 sebanyak 4 Perda.Jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2022 silam yang hanya 2 Perda inisitaif dari DPRD yang terealisasi.

Total Perda yang dihasilkan di tahun 2023 adalah sebanyak 9 Perda yang terdiri dari 4 Perda inisitaif DPRD dan 5 Perda diusulkan Pemprov Sumbar,dan lebih dari 10 perda belum bisa berjalan karena belum ada Peraturan Gubernur (Pergub)nya.Kata Supardi.

Dengan SDM yang ada dan sangat terbatas, DPRD Sumbar terus berusaha agar fungsi legislasi yang melekat pada DPRD bisa berjalan dengan maksimal.Tutup Supardi.(St)



 
Top