50Kota Aceh Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Balikpapan Bank Nagari Bantaeng Batam Batang anai Bateang Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR Dumai FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Jeneponto Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk alung Lubuk Linggau Mentawai Meranti Merbau Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Ombilin Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Pagaralam Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Pauh kamba Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau samarinda Sawahlunto Selat panjang Semarang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sulawesi selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar Tangerang TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

DPRD Sumbar-Unes Padang Jalin Kerja Sama Pendidikan


Padang,Lintas Media News
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Sumatera Barat ( Sumbar), Supardi didampingi Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD, Raflis dan Kasubag Humas, Protokoler, Publikasi dan Perpustakaan (HP3) Dahrul Idris Dahrul Idris menerima kunjungan jajaran pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Indonesia (YPTI) dan Rektor Universitas Ekasakti (Unes) Padang Prof Sufyarma Masidin M.Pd, Jumat sore (8/12/2023).

Kehadiran pihak perguruan tinggi ini ke DPRD Sumbar merupakan tindak lanjut tawaran dari pihak DPRD menyangkut peningkatan sumber daya manusia (SDM) baik bagi anggota DPRD maupun staf dari Sekretariat DPRD.

Pada kesempatan itu,Supardi mengatakan, sangat penting peningkatan kualitas SDM baik bagi anggota DPRD maupun staf di Sekretariat DPRD Sumbar.

"Sejatinya hubungan DPRD Sumbar dengan berbagai pihak perguruan tinggi di Sumbar, terjalin dengan baik dan sudah berjalan lama," kata Supardi.
 
Bahkan, lanjutnya, dalam membahas berbagai regulasi pun, DPRD melibatkan unsur perguruan tinggi misalnya membuat regulasi tentang pendidikan Sumbar dan berbagai regulasi lainnya.

"Namun di sisi lain, peningkatan SDM anggota dewan dan juga staf dari Sekretariat DPRD tentunya juga penting. Maka dengan adanya jalin kerja sama dengan Unes Padang ini, jelas cukup bermanfaat," ujar Supardi.

Menurut Supardi, tidak tertutup kemungkinan kerja sama yang dibuat DPRD Sumbar dengan Unes Padang bisa dilakukan juga pada DPRD kabupaten kota.

Supardi juga menyinggung usulan salah satu Dekan dari pihak Unes Padang, agar DPRD bisa memfasilitasi kerja sama peningkatan SDM yang ada di nagari-nagari di Sumbar.

"Untuk hal ini, saya rasa itu memang perlu dijadikan perhatian agar kualitas SDM di tiap nagari bisa lebih baik. Namun saya belum tahu bisakan dana nagari digunakan untuk peningkatan pendidikan masyarakat nagari yang butuh peningkatan pendidikannya. Itu harus kita pikirkan bersama, saya akan coba koordinasi dengan pemda setempat," pungkas Supardi.

Sementara,Rektor Unes Padang, Prof Sufyarma Masidin M.Pd, menjelaskan, kehadiran dan audensi pihaknya (YPTI dan Unes Padang, red) merupakan respon atas tawaran kerja sama dari Ketua DPRD Sumbar, Supardi tentang peningkatan kualitas SDM di DPRD Sumbar.

"Salah satu bentuk kerja sama yang segera dibuat yakni perkuliahan bagi anggota DPRD dan juga para staf di Sekretariat DPRD, dan kuliahnya juga akan dilakukan di DPRD Sumbar ini," ungkap Sufyarma Masidin.

Dalam kerja sama ini, sebut Sufyarma Masidin, dimana pihak dari kampus Unes akan mendatangkan para dosennya untuk berikan perkuliahan pada anggota DPRD dan staf Sekretariat DPRD yang ingin kuliah melalui program kerja sama ini.

"Ini juga sesuai dengan komitmen kami sebagai lembaga perguruan tinggi, ingin mengembangkan kualitas sumber daya manusia," ujar Sufyarma Masidin lagi.

Ditanya, dari kerja sama ini nantinya, jurusan apa saja yang akan diberikan? Sufyarma Masidin menjawab, yang pertama adalah jurusan Hukum, Admistrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Manajemen, Akuntansi dan  jurusan lainnya.

Rektor Unes ini menyampaikan, selain di DPRD Sumbar, juga rencana kerja sama ini akan dikembangkan ke DPRD kabupaten kota lainnya di Sumbar.

Dia menyebut, tahap awal jurusan yang akan diberikan untuk DPRD Sumbar ini sesuai MoU yang dibuat lebih dulu.

"Apa yang memungkinkan lebih dulu bagi DPRD, misalnya S2 Hukum atau bisa juga jurusan Manajemen maupun jurusan lainnya, apakah itu untuk S1 ataupun S2," tukas Sufyarma Masidin.
(***)
Labels:
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.