Padang,Lintas Media News
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Sumatera Barat ( Sumbar), Supardi didampingi Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD, Raflis dan Kasubag Humas, Protokoler, Publikasi dan Perpustakaan (HP3) Dahrul Idris Dahrul Idris menerima kunjungan jajaran pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Indonesia (YPTI) dan Rektor Universitas Ekasakti (Unes) Padang Prof Sufyarma Masidin M.Pd, Jumat sore (8/12/2023).

Kehadiran pihak perguruan tinggi ini ke DPRD Sumbar merupakan tindak lanjut tawaran dari pihak DPRD menyangkut peningkatan sumber daya manusia (SDM) baik bagi anggota DPRD maupun staf dari Sekretariat DPRD.

Pada kesempatan itu,Supardi mengatakan, sangat penting peningkatan kualitas SDM baik bagi anggota DPRD maupun staf di Sekretariat DPRD Sumbar.

"Sejatinya hubungan DPRD Sumbar dengan berbagai pihak perguruan tinggi di Sumbar, terjalin dengan baik dan sudah berjalan lama," kata Supardi.
 
Bahkan, lanjutnya, dalam membahas berbagai regulasi pun, DPRD melibatkan unsur perguruan tinggi misalnya membuat regulasi tentang pendidikan Sumbar dan berbagai regulasi lainnya.

"Namun di sisi lain, peningkatan SDM anggota dewan dan juga staf dari Sekretariat DPRD tentunya juga penting. Maka dengan adanya jalin kerja sama dengan Unes Padang ini, jelas cukup bermanfaat," ujar Supardi.

Menurut Supardi, tidak tertutup kemungkinan kerja sama yang dibuat DPRD Sumbar dengan Unes Padang bisa dilakukan juga pada DPRD kabupaten kota.

Supardi juga menyinggung usulan salah satu Dekan dari pihak Unes Padang, agar DPRD bisa memfasilitasi kerja sama peningkatan SDM yang ada di nagari-nagari di Sumbar.

"Untuk hal ini, saya rasa itu memang perlu dijadikan perhatian agar kualitas SDM di tiap nagari bisa lebih baik. Namun saya belum tahu bisakan dana nagari digunakan untuk peningkatan pendidikan masyarakat nagari yang butuh peningkatan pendidikannya. Itu harus kita pikirkan bersama, saya akan coba koordinasi dengan pemda setempat," pungkas Supardi.

Sementara,Rektor Unes Padang, Prof Sufyarma Masidin M.Pd, menjelaskan, kehadiran dan audensi pihaknya (YPTI dan Unes Padang, red) merupakan respon atas tawaran kerja sama dari Ketua DPRD Sumbar, Supardi tentang peningkatan kualitas SDM di DPRD Sumbar.

"Salah satu bentuk kerja sama yang segera dibuat yakni perkuliahan bagi anggota DPRD dan juga para staf di Sekretariat DPRD, dan kuliahnya juga akan dilakukan di DPRD Sumbar ini," ungkap Sufyarma Masidin.

Dalam kerja sama ini, sebut Sufyarma Masidin, dimana pihak dari kampus Unes akan mendatangkan para dosennya untuk berikan perkuliahan pada anggota DPRD dan staf Sekretariat DPRD yang ingin kuliah melalui program kerja sama ini.

"Ini juga sesuai dengan komitmen kami sebagai lembaga perguruan tinggi, ingin mengembangkan kualitas sumber daya manusia," ujar Sufyarma Masidin lagi.

Ditanya, dari kerja sama ini nantinya, jurusan apa saja yang akan diberikan? Sufyarma Masidin menjawab, yang pertama adalah jurusan Hukum, Admistrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Manajemen, Akuntansi dan  jurusan lainnya.

Rektor Unes ini menyampaikan, selain di DPRD Sumbar, juga rencana kerja sama ini akan dikembangkan ke DPRD kabupaten kota lainnya di Sumbar.

Dia menyebut, tahap awal jurusan yang akan diberikan untuk DPRD Sumbar ini sesuai MoU yang dibuat lebih dulu.

"Apa yang memungkinkan lebih dulu bagi DPRD, misalnya S2 Hukum atau bisa juga jurusan Manajemen maupun jurusan lainnya, apakah itu untuk S1 ataupun S2," tukas Sufyarma Masidin.
(***)
 
Top