Solok Lintasmedianews.com. - Pemerintah Kabupaten Solok Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-59 dengan tema  "Tranformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju", acara digelar pada Sabtu, (18/11/2023) di Chambai Hills.

Dalam acara peringatan Kesehatan Nasional ke-59 hadir langsung Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda Dt Sutan Majo Lelo, M.Mar, Anggota Komisi V DPR RI  Athari Gauthi Ardi, Kapolres Solok Arosuka AKBP Muari, S.I.K, MM, MH, Kapolresta Solok AKBP Ahmad Fadhilan, S.Si, M.Si, M.Sc, Dandim 0309 Solok : Letkol Inf Aji Satrio, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, Sekretaris Daerah  Medison, S.Sos, M.Si, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan SDM Mulyadi Marcos, SE, MM, Asisten I Drs. Syahrial, MM,  Asisten II Deni Prihatni, ST, MT, Kepala Dinas Kesehatan Zulhendri, SKM, M.Kes, Kepala OPD, Kepala BUMN dan BUMD, Ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Solok, Camat se-Kabupaten Solok, Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Solok, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Solok.

Kedatangan Bupati Solok dan rombongan disambut dengan persembahan Tari Galombang oleh Staf Puskesmas Jua Gaek Nagari Cupak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok dalam laporannya mengatakan, Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun ini mengambil tema "Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju", yang mana ini sangat relevan dengan kondisi Indonesia pasca pandemi yang menunjukkan Indonesia punya ketahanan dan kemampuan untuk tumbuh secara berkelanjutan.

" Tujuan Kegiatan ini ialah agar kami dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat serta mengedukasi masyarakat mengenai bahaya stunting serta perilaku hidup bersih dan sehat", ucapnya.

Dirinya menjelaskan bahwa secara khusus momen ini kita peringati dalam rangka meningkatkan kekompakan dan kerjasama antara tenaga kesehatan lintas sektoral baik di tingkat Kecamatan, Nagari dan Jorong.

Sementara Bupati Solok dalam sambutannya, Apresiasi kita sampaikan kepada Dinas Kesehatan dan seluruh Tenaga Kesehatan di Kabupaten Solok yang mana melalui kegiatan ini kita dapat melihat semangat kebersamaan dan kekompakan para Tenaga Kesehatan dalam membantu memajukan Kabupaten Solok di sektor kesehatan yang mana ini juga didukung dengan banyaknya penghargaan-penghargaan yang didapatkan oleh Dinas Kesehatan, Puskesmas maupun para Tenaga Kesehatan yang ada di Kabupaten Solok.

Bupati menjelaskan, Seluruh kesuksesan itu dapat kita raih  bukanlah karena Pemimpin ataupun perjuangan salah seorang saja, namun ini ada berkat perjuangan kita bersama seluruh Jajaran Solok Super Team sehingga saat ini manfaatnya telah dapat kita rasakan bersama.

"Saya berharap keberhasilan kita tidak sampai disini saja, untuk itu mari bersama-sama kita tingkatkan lagi kemampuan yang kita miliki demi kemajuan Kabupaten Solok dimasa yang akan datang'', harapnya.

Bupati Solok membuka secara resmi Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 di Kabupaten Solok dengan tema Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju

Selanjutnya Bupati Solok lakukan Penyerahan Penghargaan yang didapat oleh Dinas Kesehatan dan Tenaga Kesehatan di Kabupaten Solok, yang diantaranya :

1. Penghargaan bertaraf internasional dari SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization) sebagai finalis dalam kegiatan implementasi anakku sehat, anakku cerdas "Early Childhood Care, Nutrition and Education" Awards Untuk akselerasi penurunan stunting tingkat Kabupaten/Kota kepada Suci Fadila, S.Gz

2. Penghargaan Ombudsman Tahun 2022 Nilai tertinggi di Kabupaten Solok kepada Puskesmas Selayo dengan nilai 91,66 dan Puskesmas Talang 87,20
3. Penyerahan Sertifikat akreditasi yang merupakan pengakuan Kementrian Kesehatan terhadap 20 pelayanan kesehatan terstandart.

• RSUD Arosuka akreditasi Paripurna

• Puskesmas Sungai Lasi akreditasi Paripurna

• Puskesmas Surian akreditasi Paripurna

• Puskesmas Paninjawan akreditasi Utama

• Puskesmas Sulit Air akreditasi Utama

• Puskesmas Sungai Nanam akreditasi Utama

4. Dari tujuh inovasi Smart City di Kabupaten Solok salah satu tentang PRODIGI (Promosi Kesehatan Digital) oleh Puskesmas Jua Gaek Nagari Cupak.

5. Tenaga Kesehatan Teladan Kabupaten Solok Tahun 2023

• drg. Corrina Heparti Novsyiami, sebagai terbaik 1 dokter gigi , dengan judul inovasinya LaOS (Laporan Online Sekolah) dari Puskesmas Simpang Tj. Nan IV

• Silvia Febrina, SKM, sebagai terbaik 1 tenaga promkes, dengan judul inovasinya PRODIGI JuGa (Promosi Kesehatan Digital Jua Gaek) dari Puskesmas Jua Gaek.

• Ns. Octavia Nisra, S.Kep, sebagai terbaik 3 profesi perawat dengan judul inovasinya Adiktif dari Puskesmas Sungai Nanam.

• Dony Aprial Gavin, S.Gz, sebagai terbaik 2 profesi gizi rumah sakit dengan judul inovasinya LNPG (Laskar Nusantara Peduli Gizi) dari RSUD Arosuka.(karta)
 
Top