Painan,Lintas Media News.
Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan "baralek gadang" yaitu Batagak Penghulu dengan melewakan gelar sako Suku Panai yaitu Datuk Rajo Batuah kepada Triesmon Jamain Sutan Mangkuto Batuah, Kamis (12/10/2023). 

Prosesi Batagak Penghulu ini diawali dengan arak-arakan Ninik Mamak Nagari Painan bersama dengan Bundo Kanduang dari Kantor KAN Painan menuju Rumah Gadang Datuak Rajo Batuah di Jalan Hamka, Nagari Painan Timur. 

Di depan lamin (ruang yang dibalut kain tirai warna-warni) Triesmon Jamain dilantik sebagai penghulu baru oleh Ketua KAN Painan Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah. Kemudian dipasangkan saluak, penyisipan keris, penyerahan tungkek dan pembacaan sumpah penghulu. 

"Setelah sah sebagai penghulu, maka Triesmon Jamain Datuak Rajo Batuah telah diakui untuk duduk sama rendah dan tegak sama tinggi dalam Kerapatan Adat Nagari Painan," kata Ketua KAN Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah, yang juga Ketua LKAAM Kabupaten Pesisir Selatan. 
Dalam pesannya, Ketua KAN mengatakan, seorang penghulu adalah sosok yang akan manjernihkan yang keruh, menyelesaikan yang kusut dan menjadi sosok tauladan dalam nagari, bukan sebaliknya penghulu membuat keruh atau membuat kusut.
 
"Penghulu ibarat kayu gadang di tangah padang, nan baurek balimbago ka batang, nan babatang sandi andiko, nan badahan cupak jo gantang, nan badaun rimbun dek adat, nan babungo mungkin jo patuik, nan babuah bakato bana, manyalasaikan silang jo sangketo, tinggi tampak jauh, dakek jolong basuo, tampek maniru manuladan dek urang di nagari," kata Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah.

Hadir dalam acara prosesi adat ini Anggota DPD/MPR RI Dr Alirman Sori, SH.MM., Bupati diwakili Sekda Pesisir Selatan Drs. Mawardi Roska, MM., Ketua LKAAM Kecamatan se-Pesisir Selatan, tokoh masyarakat Painan Saidal Masfiyudin, SH., Anggota DPRD Pesisir Selatan Syafril Saputra, SH., Caleg DPRD Pessel Partai Golkar Ramlan Jam, A.Md., Pengurus KAN Painan, Penghulu Panai dan Raja Adat Air Haji, Penghulu Panai Sutera, Tokoh Masyarakat dan Bundo Kanduang.

Anggota DPD/MPR RI Dr. Alirman Sori, SH.MM dalam sambutannya mengatakan bahwa di Minangkabau seorang Ninik Mamak tidak saja membina anak kemenakannya dalam satu suku tetapi sesungguhnya bertanggungjawab menjaga tegaknya nilai-nilai adat di dalam nagari.

Karena itu, dengan dilewakannya Triesmon Jamain Dt Rajo Batuah maka semakin lengkaplah jumlah penghulu di Nagari Painan, untuk bersama-sama dengan penghulu yang sudah ada, untuk menjaga dan membina anak kemenakan di dalam nagari.

Anggota DPD/MPR RI Alirman Sori berharap, Ninik Mamak yang ada di nagari menjaga kekompakan, sadanciang bak basi dan saciok bak ayam. Apalagi dalam menghadapi Pemilu 2024 jangan sampai Ninik Mamak dipecah belah dan diadu domba oleh kepentingan sesaat.

Dengan telah dilewakannya Datuak Rajo Batuah, maka dalam Suku Panai Painan telah ada tiga penghulu yaitu Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah, In Datuak Rajo Alam dan Triesmon Jamain Datuak Rajo Batuah. Satu lagi gelar sako Suku Panai yaitu Datuak Rajo Mangkuto belum lagi dilewakan. (*)
 
Top