50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Bank Nagari Bantaeng Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Dukung Kemandirian Kelayan PSKW Andam Dewi, FKIKSP Berikan Pelatihan Buat Mie Sehat

PADANG,Lintas Media News
Forum Komunikasi Istri Karyawan Semen Padang (FKIKSP) memberikan pelatihan pembuatan mie sehat kepada Kelayan Panti Sosial Karya Wanita (PSKW) Andam Dewi, Arosuka, Kabupaten Solok, Sumbar, Kamis (10/8/2023).

Bertempat di Aula UPTD PSKW Andam Dewi, pelatihan pembuatan mie sehat itu dilakukan disela-sela kunjungan Sosial FKIKSP dengan tema "Tebar Kebahagiaan Bersama FKIKSP-CSR Semen Padang Peduli". Pelatihan tersebut, diikuti antusias puluhan kelayan yang ada di PSWK Andam Dewi.

Pelatihan tersebut, turut dihadiri oleh Penasehat FKIKSP Prof. Dr. dr. Rizanda Machmud, M.Kes, dan drg. Nestrauza Nasroel, Ketua Umum FKIKSP Dina Very Sarvino, pengurus FKIKSP dan Kepala UPTD PSKW Andam Dewi Djefrizal Amir.

Rizanda Machmud mengatakan, kunjungan ke PSKW Andam Dewi ini merupakan salah satu program sosial dari FKIKSP yang rutin digelar setiap tahun. Bahkan tahun lalu, FKIKSP juga mengunjungi Panti Sosial Bina Grahita Harapan Ibu (PSBGHI) yang berada di Kalumbuk, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.
"Kunjungan sosial ini program rutin FKIKSP setiap tahunnya. Untuk tahun ini, kami kunjungi PSKW Andam Dewi. Kunjungan ini bertujuan untuk membantu agar para kelayan yang ada di panti ini bisa mandiri. Terutama, ketika mereka kembali ke keluarganya setelah menjalani rehabilitasi di panti ini," kata Rizanda. 

Istri Dirut PT Semen Padang itu juga menyampaikan alasan kenapa pelatihan pembuatan mie diberikan kepada kelayan di PSKW Andam Dewi. Kata dia, hal itu berawal dari adanya kegiatan keterampilan membuat mie sehat yang dilakukan oleh anggota FKIKSP. 

Dari kegiatan terampilan itu, ternyata diketahui bahwa mie sehat yang dibuat anggota FKIKSP cukup diminati oleh keluarganya. Bahkan, ada juga anggota FKIKSP yang menjadikan mie sehat sebagai usaha online. Dan tentunya, mie sehat ini jauh beda dengan mie instan di pasaran. 

"Mie instan di pasaran itu hanya untuk kenyang. Kalau kebanyakan bisa sakit maag. Sedangkan mie sehat ini adalah mie yang dimodifikasi dengan dicampur sayur mayur seperti wortel, sayur bayam dan lain-lain. Buatnya juga mudah, butuh waktu 30 menit," ujarnya. 

Ketua Umum FKIKSP Dina Very Sarvino menambahkan bahwa selain memberikan pelatihan, FKIKSP juga memberikan peralatan dan bahan-bahan pembuatan mie sehat. Tujuannya, agar pelatihan pembuatan mie sehat ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan.

"Nah, di PSKW Andam Dewi ini kan ada instruktur tata boganya juga. Jadi, untuk pelatihan selanjutnya nanti akan dilanjutkan oleh instruktur yang ada di sini. Untuk resepnya juga sudah kami siapkan dan serahkan ke instrukturnya," kata Dina. 

Dina juga menyebut bahwa dalam kunjungan ke tempat pelayanan rehabilitasi sosial PSKW Andam Dewi ini, FKIKSP bekerjasama dengan CSR PT Semen Padang dan didukung mitra (BSI dan Bank Nagari) menyerahkan bantuan dari berupa karpet mushala, kursi tunggu, oven gas, dispenser, selimut, jaket dan ampia.

"Mudah-mudahan, berbagai bantuan ini bermanfaat untuk kemandirian para kelayan yang ada di panti sosial ini. Terutama ampia dan oven yang tentunya dapat bermanfaat untuk pelatihan membuat aneka cake, termasuk membuat mie sehat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPTD PSKW Andam Dewi Djefrizal Amir mengucapkan terima kasih kepada rombongan FKIKSP dan CSR PT Semen Padang yang telah datang berkunjung ke PSKW Andam Dewi untuk memberikan bantuan dan pelatihan pembuatan mie sehat. 

"Kami berterima kasih atas kunjungannya. Jangan sampai sekali ini saja. Kalau bisa, mari kita terus berkolaborasi  untuk kemandirian para kelayan yang ada di panti ini. Karena, kami di UPTD butuh dukungan dari banyak pihak," kata Djefrizal.

Saat ini, kata Djefrizal melanjutkan, jumlah kelayan yang ada di panti ini sebanyak 40 orang, sesuai jumlah daya tampung. Usianya 15-25 tahun. Rata-rata kelayan ini menjalani rehabilitasi minimal 4 bulan. 

Selama berada di sini, aktifitas mereka diatur selama 24 jam. Mulai dari bimbingan sosial keagamaan seperti solat 5 waktu, baca surat Yasin, hafalan ayat-ayat pendek, hafalan salat jenazah, dan ceramah agama. 

Kemudian, juga ada kegiatan senam, serta bimbingan keterampilan seperti merajut, bertani, beternak ikan dan tata boga. "Nah, untuk pelatihan membuat mie sehat dari FKIKSP ini tentunya akan menjadi program tambahan untuk tata boga," pungkas Djefrizal.(*)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.