50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bank Nagari Bantaeng Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Buka Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana.


Lintasmedia news.com,DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan membuka Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana. Acara ini dihadiri lebih kurang 400 peserta dari jorong, perangkat nagari, kecamatan se-Kabupaten Dharmasraya, di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, Senin, (07/08/23).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh anggota Forkopimda Kabupaten Dharmasraya, Kepala OPD se-Kabupaten Dharmasraya, Narasumber dan fasilitator pelatihan pencegahan mitigasi bencana dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati mengucapkan terima kasih kepada narasuber dari Provinsi dan para peserta yang mengikuti pelatihan. Mudah-mudahan dengan penyelenggaraan kegiatan ini , dapat mampu melaksanakan pendampingan penanggulangan bencana. Baik pada saat pra bencana, saat bencana, pasca bencana sehingga meningkatkan peran serta untuk kesiapsiagaan dalam mengantisipasi ancaman bencana di  Kabupaten Dharmasraya.

Secara geologi Kabupaten Dharmasraya termasuk daerah risiko bencana yang cukup tinggi. Terutama bencana banjir, tanah longsor, angin putting beliung, kebakaran dan lain lain. Dharmasraya terdapat banyak sungai dan yang paling besar adalah Sungai Batanghari. 

“Oleh sebab itu, apabila curah hujan yang deras dengan durasi lebih dari tiga jam, itu akan mengakibatkan terjadinya banjir. Terutama yang tinggal di daerah tepi sungai, begitu juga dengan angin putting beliung. Karena wilayah Dharmasraya itu daerahnya rata-rata dataran semua,” ujar Bupati.

Oleh karena itu, kata  Bupati diperlukan suatu upaya peningkatan kesiapsiagaan masyarakat dan Pemerintah Daerah dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana. Salah satunya adalah melakukan mitigasi bencana, antara lain penyusunan rencana kontingensi (contingency planning) dan standar operational procedur (SOP), pelatihan aparatur dan masyarakat penanggulangan bencana ditingkat nagari atau desa. Serta dapat menyiapkan sarana dan prasarana penanggulangan bencana dalam rangka upaya menurunkan tingkat risiko bencana.

“Dan yang sangat penting adalah membangun koordinasi dan sinergitas serta terus meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam melaksanakan tugas penanggulangan bencana baik di saat pra-bencana, tanggap bencana dan pasca bencana. Tanggap bencana dan pasca bencana dengan cara selalu berlatih dan menambahkan kemampuan personal masyarakat,” harap Bupati lagi.

Bupati juga berpesan, bahwa jadikanlah kegiatan ini sebagai wadah menimba ilmu, tempat berdiskusi saling berbagi pengalaman dan informasi untuk mewujudkan Dharmasraya tangguh bencana. “Untuk itu, saya selaku Bupati mendukung sekali acara pelatihan ini, untuk para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Sehingga upaya peningkatan kapasitas kita dalam penanggulangan bencana di Dharmasraya dapat lebih baik lagi,” pungkas Bupati.(elda)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.