50Kota Aceh Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Balikpapan Bank Nagari Bantaeng Batam Batang anai Bateang Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bekasi Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPR RI DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR Dumai FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jambi Jawa Barat Jeneponto Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk alung Lubuk Linggau Mentawai Meranti Merbau Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Ombilin Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Pagaralam Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Pauh kamba Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau samarinda Sawahlunto Selat panjang Semarang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung Sikucua Silungkang SMSI Solok Solok Selatan Sulawesi selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar Tangerang TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

WIES Jembatani Kerjasama Pengusaha Chile Garap Potensi Minyak Atsiri Sumbar


Padang,Lintas Media News
World Islamic Entrepreneurs Summit (WIES) mengangkat produk berpotensi  di Indonesia khususnya di Sumatera Barat yang bisa mendunia dengan menjembatani peluang kerjasama  antara buyer dengan produsen.

Kota Padang yang beruntung ditunjuk  sebagai tuan rumah iven internasional ini didatangi   pengusaha muslim dari Chile, Marcello Hidalgo seorang General Manager Pusat Halal / Sertifikasi Halal, seorang pebisnis di perusahaan Aliansyah Agro . Ia tertarik untuk menggarap potensi Minuak Atsiri dimiliki Sumatra Barat (Sumbar).

"Meski kita sedang mempersiapkan  persiapan WIES kita juga melakukan pendekatan kepada pengusaha muslim asing untuk berkolaborasi garap potensi Sumbar, dan malam ini kita gandeng pengusaha dari Chile AM Hidalgo,"ujar Ketua Panitia WIES 2023 Dr Sari Lenggogeni, Kamis 20/7-2023 di Media Center WIES 2023  Kupi Batigo.

Kata Sari Hidalgo tertarik ke Sumbar setelah Sari Lenggogeni bertemu pada MoU Expo Halal di Penang Malaysia beberapa waktu lalu.
"Mr Hidalgo inj tertarik ketika kita sebut Sumbar potensi Minyak Atsiri nya terbaik di Indonesia, juga minyak serai wangi,"ujar Sari kepada crew Media Center WIES 2023.

"Ya saya ingin melihat langsung potensi minyak atsiri mulai dari penyulingan dan kapasitas produksinya. Dan siap menjadi buyyer untuk Chile dan dunia Islam dengan sertifikasi halal,"ujar Mr Hildago diterjemahkan Sari Lenggogeni dan Eveline dari Panitia WIES 2023.

Momentum Padang menjadi tuan rumah WIES 2023, kata pengusaha muslim dari Chile tentu menarik sekali karena menjadi ajang expo produk bersertifikat halal yang diterbitkan lembaga resmi diakui oleh dunia Islam,"ujar Hildago.

Adapun produk yang ingin di carinya adalah Patchouli Oil atau minyak atsiri yang dikenal dengan minyak nilam. Dan banyak di temui di Sumatra Barat terutama Kabupaten Pasaman.

Pada literasi dimiliki Media Center WIES 2023, Mr Hildago pernah memfasilitasi daging Chile ke Indonesia dengan standar halal.

"Sebelumnya negara kami, sudah pernah ekspor daging ke Indonesia yang awalnya terbuka setelah ada sertifikasi halal dikeluarkan lembaga di Chile,"ujar Mr Hildago.

Pada diskusi bisnis di Media Center WIES 2023, Sari Lenggogeni juga menghadiri pakar UNAND Prof Deddi Prima Putra dan eksportir Minyak Atsiri Dodi serta pelaku UMKM daging Sumbar.

Menurut Sari Lenggogeni, setelah melakukan peninjauan ke Sumbar, Mr Hildago ini akan membawa sample.untuk diuji dan diterbitkan sertifikat halalnya

"Nanti Mr Hidalgo ini akan membawa sample dari minyak nilam dan jika potensi bagus, siap bermitra dengan UMKM minyak nilam di Sumbar,"ujar Sari. (***)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.