50Kota Aceh Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Balikpapan Bank Nagari Bantaeng Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR Dumai FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Jeneponto Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Pauh kamba Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau samarinda Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar Tangerang TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Suwirpen Suib Berkomitmen Tingkatkan Potensi Perempuan Menunjang Perekonomian Keluarga

PADANG,Lintas Media News
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD ) Sumatera Barat (Sumbar) Suwirpen Suib, berkomitmen untuk meningkatkan potensi diri perempuan dalam menunjang perekonomian keluarga.

Komitmen tersebut, dibuktikan Suwirpen dengan diadakannya Bimbingan Teknis Pengelolaan Kuliner Angkatan I yang terselenggara atas realisasi dana pokok-pokok pikiran (Pokir) nya melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar.

Bimbingan teknis itu diselenggarakan selama empat hari (12-15/7) di Hotel Kawana Padang dengan jumlah peserta sebanyak 52 orang yang terdiri dari pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan wirausaha baru yang konsen terhadap usaha kuliner di kota Padang

 “ Kita berharap peserta bisa bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan untuk meningkatkan potensi diri, sehingga produktif dalam menunjang perekonomian keluarga. Kedepan peserta tidak hanya sebagai penunjang perekonomian, namun juga bisa menjadi pengusaha sukses di masa depan,” kata Suwirpen saat memberikan sambutan.
Dia mengatakan orang-orang sukses memiliki kepribadian yang optimis, sehingga pandangannya jauh kedepan. Usaha kuliner memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan, diharapkan para peserta tidak menanamkan sifat pesimis karena akan menghambat untuk menuju sukses.

“ Orang yang pesimis selalu memikirkan masalah dahulu sebelum usaha, jadi mereka tidak berani untuk mengambil kesempatan yang datang,” katanya.  

 Menurut pengalaman yang ditemui, ada seseorang pengusaha kuliner di Ibu Kota Jakarta sukses setelah masa sulit yang menerpa, yaitu pandemic Covid-19. 

Pada kondisi itu dia terus berusaha walaupun modal komposisi makanan nya naik, namun dia masih tetap sukses karena konsistensi, bahkan sekarang dia berhenti dari pekerjaannya dan focus untyk lebih mengmbangkan usahanya.

 " Kita minta para peserta untuk tekun terhadap usaha masing-masing, jika ada masalah jangan menyerah tetaplah berusaha," katanya 

Dia tidak memungkiri, peserta pelatihan angkatan pertama ini ada  yang memiliki usaha  maju, namun hal itu harus ditingkatkan lagi. 

Secara keseluruhan bimbingan teknis pengelolaan kuliner bertujuan untuk meningkatkan kreativitas pelaku IKM untuk mengolah makanan dan minuman yang bermutu hingga memiliki gizi yang tinggi.

" Jadi peserta juga bisa memenuhi permintaan pasar terkait  makanan kotak ringan dan berdampak positif terhadap perekonomian peserta," katanya.

 Dia mengatakan narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Hendra Ilham Chaniago seorang akademisi yang akan berbicara tentang digital marketing hingga Harisman yang merupakan direktur Royal Asia College yang akan menjabarkan prospek bisnis kuliner di masa depan.  

Sementara itu Kepala Dinas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar Novrial yang diwakili oleh sekretaris dinas mengatakan, penyelenggara pemerintah provinsi terus berupaya untuk meningkatkan daya saing berbagai jenis produk IKM, termasuk pada bidang kuliner.

Jadi diharapkan peserta bisa berkembang menghasilkan berbagai olahan kuliner yang bervariasi dan sesuai dengan perkembangan global.

“Diaharapkan setelah ini, pelaku IKM bisa memproduksi makanan yang menarik, bernilai jual tinggi dan bergizi,” katanya.

Bimbingan teknis ini terselenggara oleh kolaborasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar dengan wakil Ketua DPRD Suwirpen Suib. (rel)
Labels:
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.