50Kota Aceh Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Balikpapan Bank Nagari Bantaeng Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR Dumai FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Jeneponto Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Pauh kamba Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau samarinda Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar Tangerang TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Riang Gembira Sajalah Kita Berpolitik


Oleh
REIDO DESKUMAR
(Tokoh Muda Agam-Bukittinggi)

Kontestasi politik 2024 belum dimulai. Tapi sejak 2023 geliatnya sudah terasa. Dimana-mana banyak yang bicara tentang politik. Bahkan digrup-grup WA juga silih berganti bemunculan infomasi tentang politik. 

Begitu dahsyatnya magnet politik. Beragam juga cara menyikapinya. Ada yang tidak suka bahkan alergi dengan politik. Disamping itu banyak juga yang menarik diri ke dalamnya. Terlibat isu dan pembahasan. Walaupun terkadang hanya sekedar follower saja.

Bicara politik pada dasarnya kita bicara  pesta demokrasi 5 tahunan. Mencari siapa yang layak dan pantas untuk dipilih. Soal ini, di Minang (Sumbar) sudah jelas konsepnya. Tak usah diperlebar apalagi dijauh-jauhkan. Pemilih di Sumbar dari dulu merupakan pemilih rasional. Artinya pemilih itu tidak bisa didikte apalagi diintervensi, dipaksakan untuk memilih calon tertentu. Pemilih punya kemerdekaan untuk memilih siapa yang disukai dan tidak memilih siapa yang tidak disukai. 

Dan yang jelas, politik orang Minang itu dasarnya juga ada. Alun takilek lah takalam. Melihat seseorang itu dengan 3T-nya. Tokoh, takah, tageh. Dari tiga ini, selesai sudah siapa yang akan dipilih.

Jadi, Riang Gembira Sajalah Kita Berpolitik. Tak usah pula memaksakan apa yang tidak bisa dipaksakan. Apalagi mencari salah dan menyudutkan orang lain. Pepatah kita juga sudah mengingatkan "patarang lampu awak, jan dimatikan lampu urang". Tak usah gelisah, cemas, grasak grusuk, apalagi sibuk mencari kekurangn orang lain. Buang-buang energi saja. Lebih baik  pikiran itu digunakan kepada hal-hal yang berfaedah. Dapan juga kita pahala.

Tonjolkan saja kebaikan-kebaikan kita. Rekam jejak kita. Tidak usah sibuk pula mengepoh dan manungkai orang lain apalagi mencekal orang lain dalam menebar kebaikan. Kalau sibuk untuk itu, jauh benarlah kedewasaan kita dalam menyikapi peberbedaan.

Soal siapa yang terpilih, itu soal takdir. Rezeki seseorang tak akan pernah tertukar. Perbanyak fastabikulkhairat (berlomba-lomba dalam kebaikan) saja. Semoga kebaikan yang ditanam akan dipanen dengan kebaikan pula. 

Semoga politik riang gembira ini bisa kita hadirkan. Bukan hanya untuk pribadi, akan tetapi politik riang gembira bersama masyarakat(*).
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.