50Kota Aceh Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Balikpapan Bank Nagari Bantaeng Batam Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR Dumai FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Jeneponto Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Merbau Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Pagaralam Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Pauh kamba Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau samarinda Sawahlunto Selat panjang Semarang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar Tangerang TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Irwan Basir : Tingginya Persaingan Dunia Pendidika,Sekolah Harus Berkompetisi Meningkatkan Kualitasnya

Padang,Lintas Media News
Ketua Komite MTsN 5 Kuranji Kota Padang, Irwan Basir Dt. Rajo Alam,SH.MM mengatakan, tingginya persaingan dalam dunia pendidikan pada zaman sekarang mau tak mau lembaga pendidikan atau sekolah harus berkompetisi dalam meningkatkan kualitas untuk bisa meningkatkan prestasi di sekolah tersebut. 

Guru sebagai tenaga pendidik juga dituntut untuk meningkatkan kemampuannya untuk lebih kreatif dalam menciptakan inovasi-inovasi baru dalam mengajar sesuai dengan kurikulum pendidikan yang dilaksanakan.

"Kita ketahui, persaingan untuk berprestasi dalam dunia pendidikan sangatlah tinggi. Jadi, untuk menciptakan murid berprestasi dan berkualitas peran guru sangatlah penting. Apalagi pola pendidikan sekarang dengan zaman dulu sangat jauh berbeda. Guru sekarang tidak bisa sewenang-wenang dalam memberi hukuman terhadap siswa yang nakal. Bisa terkena pasal HAM. Harus dengan cara persuasif dan mendidik. Jadi guru harus lebih kreatif dan menciptakan inovasi-inovasi menarik dalam mengajar di kelas sesuai dengan kurikulum pendidikan yang dilaksanakan," ucap Irwan Basir pada  acara Temu Ramah Antara Komite Sekolah dengan Majelis Guru dan karyawan MTsN 5 Kuranji pada Kamis, 13/7/2023.
Lebih lanjut disampaikan, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan sejuk dalam proses belajar mengajar di lingkungan sekolah, setiap guru haruslah selalu kompak dan sejalan dengan manajemen sekolah. Jangan ada saling jelek menjelekkan atau saling jatuh menjatuhkan diantara sesama guru atau karyawan. Setiap guru atau karyawan di sekolah merupakan publik speaking bagi dunia luar untuk menyampaikan informasi tentang kemajuan dan prestasi yang dicapai oleh selolah.

"Untuk terciptanya. suasana yang nyaman dan sejuk dalam proses belajar mengajar di lingkungan sekolah, setiap guru haruslah selalu kompak dan sejalan dengan manajemen sekolah. Alhamdulillah, MTsN 5  ini majelis gurunya selalu kompak. Jangan suasana yang sudah nyaman ini dirusak oleh perilaku yang saling jelek menjelekkan atau saling jatuh menjatuhkan diantara sesama guru atau karyawan. Perlu diingat, setiap guru atau karyawan di sekolah merupakan publik speaking bagi dunia luar dalam menyampaikan informasi tentang kemajuan dan prestasi yang dicapai oleh sekolah," ungkap tokoh yang juga Ketua DPD LPM Kota Padang ini.

Terakhir, Irwan Basir selaku ketua komite juga mengapresiasi pihak Kepala Sekolah yang selalu bersinergi dengan komite dalam setiap kegiatan, terutama dalam bidang pembangunan tiga lokal baru yang hampir selesai dikerjakan.

"Saya memberikan apresiasi kepada Kepala Sekolah yang selalu bersinergi dengan komite dalam segala kegiatan. Saat ini tengah dilakukan pembangunan 3 lokal baru  yang dikerjakan secara swadaya yang dananya dari orang tua wali murid dan sumbangan dari tokoh masyarakat. In Syaa Allah tiga lokal ini hampir selesai dikerjakan dan bisa dimanfaatkan oleh para siswa." ucap ninik mamak Pauh IX ini.

Sementara itu, Kepala MTsN 5 Kuranji DR. Lilis Andriani, M.Pd mengatakan, pihaknya selama ini dalam menyelenggarakan proses pendidikan di sekolahnya selalu berkoordinasi dengan pihak komite. Disamping itu komunikasi dengan tokoh masyarakat sekitar juga sellau dibina guna mendapatkan masukan-masukan yang berguna untuk kemajuan sekolah dan pembangunan di sekolah.

"Saat ini kami tengah menyelesaikan pembangunan tiga lokal tambahan dengan dana swadaya dari orang tua wali murid dan tokoh masyarakat. Semua itu tak terlepas dari kerjasama dengan ketua komite dan tokoh masyarakat. Kami dari pihak sekolah selalu membina komunikasi dengan tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar. In Syaa Allah lokal tambahan ini bisa segera dipakai oleh anak didik nantinya," papar Lilis. (*)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.