50Kota Aceh Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Balikpapan Bank Nagari Bantaeng Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR Dumai FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Jeneponto Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Pauh kamba Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau samarinda Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar Tangerang TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar Launcing Pronasa

Painan, Lintas Media News

Bupati Pesisir Selatan Sumatera Barat Drs Rusma Yul Anwar, M.Pd melakukan launching Program Nagari Bersekolah (Pronasa), Senin (22/5). di gedung Painan Convention Center (PCC)

Launching yang juga dihadiri Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariyansyah, Sekdakab Pessel, Mawardi Roska, Kepala Dinas Pendidikan Pessel, Salim Muhaimin, Plt Sekretaris Dinas Pendidikan Sudirman, Kepala Bidang Paudini Iral Maifitri, para kepala perangkat daerah, pengawas, kepala sekolah, guru, tokoh pendidikan, camat, wali nagari dan undangan lainnya Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemkab Pessel tahun 2023 ini menggulirkan suatu inovasi pendidikan.

Pronasa bertujuan untuk meningkatkan sumber daya dan kualitas pendidikan di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel)

“Inovasi yang diberi nama dengan Program Nagari Bersekolah (Pronasa) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini. Melalui program ini maka Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Pessel di masa datang juga akan semakin meningkat pula,” terang Bupati.

Melalui Program Nagari Bersekolah Atau Pronasa  itu maka akan dikembangkan potensi siswa pada berbagai bidang seperti olahraga dengan berbagai cabang olahraga yang diminati siswa. Pengembangan seni budaya dan pembinaan Imtaq (Tahfidz Al Quran, subuh berjamaah dan magrib mengaji), sains dan literasi.

“Kegiatan pembinaan Tahfidz Al Quran, subuh berjamaah dan magrib mengaji didampingi oleh guru yang berkompeten. Guru ini berasal dari sekolah dan masyarakat. Dalam pelaksanaannya, dipastikan memiliki kurikulum yang sesuai dengan level siswa,” ujarnya

Menurut Rusma Yul Anwar, pencapaian kemampuan siswa terukur dari dua aspek yaitu dari guru pembimbing sebagai pendamping yang bertatap muka dengan siswa serta dari guru-guru asal sekolah siswa yaitu guru kelas/wali kelas. Semua guru dibekali dengan kartu kendali pencapaian siswa dalam proses pembimbingan.

“Program Nagari Bersekolah yang akan dilaksanakan ini dapat mewujudkan siswa dengan profil pelajar Pancasila. Unsur-unsur yang aktif dalam pengelolaannya adalah jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, pemangku adat, perangkat nagari, orang tua siswa, sekolah, kelompok kerja guru, wali kelas dan guru kelas,” tegasnya

Inovasi itu dilaksanakan kata Rusma Yul Anwar, sesuai misi kelima Kabupaten Pesisir yaitu mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan SDM yang beriman, kreatif, dan berdaya saing. Keenam, mewujudkan kondisi masyarakat yang aman, tentram dan dinamis.

“Berdasarkan misi kelima tersebut ada beberapa strategis dari pembangunan di bidang pendidikan. Yaitu terwujudnya pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing, serta meningkatnya kontribusi kekayaan budaya dalam pembangunan kepariwisataan. Untuk merealisasikan sasaran strategis tersebut, Pemkab Pessel meluncurkan beberapa inovasi pendidikan, salah satunya Program Nagari Bersekolah ini,” katanya

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel, Salim Muhaimin, dengan didampingi Plt Sekretaris, Sudirman, menambahkan bahwa Program Nagari Bersekolah melampaui target kinerja dan Tugas Pokok (Tupoksi) guru untuk mempersiapkan anak didik yang berkualitas.

Hal itu juga berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional yaitu dalam rangka mengembangkan potensi anak didik, menuju terwujudnya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Selanjutnya, Program Nagari Bersekolah juga implementasi dari program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Merdeka Belajar, menuju anak didik yang kompeten. “Misi pendidikan saat ini telah bertransformasi dalam upaya menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia,” katanya.

Ia menambahkan, Program Nagari Bersekolah bertujuan melakukan pembinaan siswa terpadu di nagari berbasis aplikasi Pronasa, meningkatkan praktek ibadah, meningkatkan prestasi siswa, mengoptimalkan pemanfaatan waktu luang untuk pengembangan diri siswa dan lainnya.

“Manfaat Program Nagari Bersekolah tersebut antara lain, siswa mampu berinteraksi dengan baik, terbiasa dengan guru berbeda dan siswa akan berprestasi. Sosialisasi Program Nagari Bersekolah ini akan kami sosialisasikan ke seluruh kecamatan di daerah ini,” tukasnya. (*/on/yel)


 


 

Labels:
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.