50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Bank Nagari Bantaeng Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Suwirpen Suib: Otonomi Daerah Harus Dipertahankan dan Ditingkatkan



Padang,Lintas Media News
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daera (DPRD) Sumbar Suwirpen Suib mengatakan.Dengan adanya otonomi, maka daerah tidak lagi berada dalam intervensi pusat, dan memiliki kewenangan untuk mengatur daerahnya masing-masing, maka perlu disyukuri bersama. 

Hal itu dikatakan Suwirpen Suib saat menghadiri upacara  peringatan hari Otonomi Daerah XXVII Tahun 2023, bersama Forkompinda di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat.Sabtu (29/4/2023). 

"Otonomi daerah merupakan kebebasan dalam melaksanakan pemerintahan Kabupaten dan kota, serta provinsi, kecuali menyangkut masalah hukum, agama, ekonomi dan politik, yang masih harus berada pada posisi sentral, sedangkan administrasi dan perencanaan serta pelaksanaan pemerintahan daerah ada pada kewenangan masing-masing,"terang Suwirpen, 
Menurut Suwirpen,dengan adanya kemandirian atau otonomi pada daerah, maka intervensi seperti saat sentralistik atau sebelum Reformasi sudah tidak berlaku, dan kepala daerah bisa melakukan penolakan jika tidak sesuai dengan daerahnya. 

"Saat ini, daerah melalui kepala daerahnya bisa menolak kebijakan yang tidak sesuai dengan daerah masing-masing, termasuk dengan tata-cara berpakaian di sekolah atau di kantor-kantor, kewenangan ada pada daerah masing-masing dan pusat tidak akan mau intervensi, sesuai dengan roh-nya otonomi," tambahnya lagi.

Suwirpen yang merupakan politis Demokrat, selalu mendukung kebijakan otonomi, khususnya yang berkaitan dengan kemandirian masyarakat adat dan agama, di Sumatera Barat, sehingga nuansa kedamaian terus terjaga. 
"Dengan adanya otonomi daerah, kegiatan agama dan adat sesuai tatanan masyarakat Minang bisa berkembang tanpa ada rasa was-was seperti zaman sebelum Reformasi, maka otonomi ini amat perlu dipertahankan, tentunya melalui wakil rakyat di DPR-RI yang berhubungan langsung dengan pemerintah pusat,"tegasnya lagi. 

Agar jangan kembali pada sistem lama, dan otonomi terus bertahan, Suwirpen menghimbau masyarakat, pada pemilu 2024 mendatang untuk bisa ikut memilih Capres serta yang berpihak pada rakyat, jangan golput. 

"Agar otonomi terus berlanjut, pada pemilu mendatang jangan golput, pilih presiden dan anggota DPR-RI yang selama ini peduli pada masyarakat, bukan yang hanya berteori dan tidak mau ketemu rakyat, tentunya masyarakat bisa menilai, baik secara langsung maupun melalui berita media massa," terangnya lagi. 

Ketika ditanya, apakah pada pemilu 2024 mendatang Suwirpen masih maju sebagai calon anggota DPRD Sumbar, dengan tegas ia katakan maju ke DPR-RI untuk pengabdian lebih luas pada masyarakat Sumatera Barat. 

"Mohon doa pak, saya akan maju ke DPR-RI untuk pengabdian lebih luas pada masyarakat Sumatera Barat, tentunya berkaitan dengan peningkatan perekonomian masyarakat dalam berbagai sektor yang berkaitan dengan pemerintah pusat, sehingga memiliki keberpihakan pada masyarakat di daerah, khususnya Sumatera Barat," tutup Suwirpen.

Upacara hari otonomi daerah ini, langsung dipimpin gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansarullah, SP, dan dilaksankan secara khidmad oleh peserta, yakni kepala-kepala OPD, kabag, kasubag dan juga staf utusan dari berbagai instansi. (***/st)
Labels:
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.