50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Bank Nagari Bantaeng Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Bantu Masjid dan Bagikan Sirup, Syafrizal Ucok Safari Ramadhan ke Teratak Tempatih


Pesisir Selatan,Lintas Media News
Nagari yang berada di kaki Bukit Barisan itu namanya Teratak Tempatih, Kecamatan Batang Kapas, Pesisir Selatan (Sumbar) yang terkenal sebagai daerah penghasil durian terbesar dan berkualitas. Ke nagari itulah Ketua LKAAM Pesisir Selatan Drs. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan  Batuah melakukan Safari Ramadhan 1444 H pada Rabu (19/4/2023) malam.

Masyarakat menyambut antusias kedatangan Ketua LKAAM sejak sore dan menggelar diskusi tentang adat dan pembangunan nagari. Kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama di kediaman Wali Nagari Teratak Tempatih Zaimal Yunis.

Malamnya dilaksanakan shalat tarawih dan Tablikh Akbar di Mesjid Baitul Ikhsan dengan penceramah Ustadz Drs. H. Syafwan Diran yang sengaja didatangkan dari Kota Padang. Tema ceramahnya adalah "Nikmat Puasa dan Menyambut Hari Kemenangan Idul Fitri".
Dalam sambutannya Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah mengatakan bahwa Ninik Mamak memiliki peran dan tanggung jawab melestarikan dan menegakkan adat Minangkabau dalam kehidupan sehari-hari, terutama di lingkungan kaum atau suku masing-masing.

Secara kelembagaan, Ninik Mamak yang tergabung dalam Kerapatan Adat Nagari (KAN) membantu pemerintahan nagari dalam masalah adat, karena pemerintahan tidak boleh mencampuri adat. "Karena itu, KAN harus solid dalam menjaga sako dan pusako serta menyelesaikan jika terjadi sengketa adat. Kalau terjadi dualisme KAN maka keduanya tidak akan diakui oleh pemerintah," kata Syafrizal Ucok, Wakil Bupati Pesisir Selatan 2005-2010.

Sehubungan dengan telah ditandatangani MOU (kerjasama) antara LKAAM Sumbar dengan Polda Sumbar tentang Restorative Justice maka peran dan marwah Ninik Mamak menjadi sangat berarti. Restorative Justice adalah penyelesaian perkara hukum diluar pengadilan dengan jaminan dari Ninik Mamak, akan sangat berarti bagi masa depan anak kemenakan.

Pada bagian lain Syafrizal Ucok yang baru saja pensiun dari ASN ini mengharapkan masyarakat Nagari Teratak Tempatih untuk selalu kompak dan tidak mudah mempercayai informasi yang belum jelas kebenarannya. "Banyak hoax bersileweran di media sosial, maka masyarakat jangan mudah percaya. Apalagi dalam tahun politik ini, masyarakat harus cerdas dalam menerima informasi," kata Syafrizal Ucok yang mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Sumbar dalam Pemilu 2024 mendatang.

Sementara itu Ustadz Syafwan Diran dalam tausyiahnya menyampaikan pentingnya puasa Ramadhan yang telah dijalani sebulan penuh. Tidak sembarangan umat Islam bisa membatalkan puasa kecuali dengan alasan yang dibenarkan oleh Islam, seperti sakit, musafir atau wanita yang berhalangan.

Jika seseorang tidak puasa Ramadhan tanpa alasan maka Allah SWT tidak akan menerima gantinya meski pun orang itu menggantinya dengan puasa seumur hidupnya. "Begitu pentingnya puasa Ramadhan dan Allah SWT telah menjanjikan pahala yang berlipat ganda untuk ibadah yang dilaksanakan di bulan Ramadhan ini. Maka jangan sia-siakan keistimewaan Ramadhan," kata Syafwan Diran. (*)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.