50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Bank Nagari Bantaeng Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Pemkab Solok Susun RKPD Tahun 2024

Solok. Lintasmedianews.com -Pemkab Solok laksanakan Musrenbang tahun 2023 dalam rangka Penyusunan RKPD Kab. Solok tahun 2024, Senin (20/3/2023), di Gedung Solok Nan Indah Aro Suka. Musrenbang tersebut bertema Mempercepat Tranformasi Ekonomi melalui sektor Pertanian, UMKM, Perdagangan dan Pariwisata secara Inklusif dan Berkelanjutan.

Tampak hadir mengikuti Musrenbang tersebut Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar, Unsur Forkopimda, Pimpinan DPRD Kab. Solok Ivoni Munir, Sekda Kab. Solok Medison, Kepala. TP PKK Kab. Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, Asisten I Syahrial, Asisten II Deni Prihatni,bAsisten III Editiawarman, Staf Ahli Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Eva Nasri, Staf Ahli Pemerintahan, kemasyarakatan dan SDM Mulyadi Marcos, Kepala OPD, Camat se Kab. Solok, ASN lingkup Pemkab. Solok, Wali Nagari se Kab. Solok, Tamu undangan lainya.

Laporan panitia pelaksana, Plt. Kepala Bapelitbang Nafri dalam laporan nya megatakan, RKPD tahun 2024 merupakan RKPD tahun ke 3 pelaksanaan RPJP Kab. Solok tahun 2021-2026. Berkaitan dengan hal tersebut, acuan dalam penyusunan RKPD tahun 2024 adalah :

1. Evaluasi capaian kinerja tahun 2022
2. Perintah pembangunan Nasional dan isu – isu strategis yang berkembang saat ini dan juga prediksi masa mendatang baik di daerah, regional, nasional maupun global.

Penyusunan RKPD tahun 2024, telah dimulai dari rangkaian sebagai berikut :

1. Pelaksanaan Musrenbang di Nagari pada bulan September tahun 2022
2. Pelaksanaan Musrenbang pada tingkat Kecamatan pada bulan Februari 2023
3. Pelaksanaan Forum perangkat daerah pada tanggal 6 s/d 10 Maret 2023
4. Penelaahan kepada Pokok pokok pikiran DPRD pada 27 Februari – 3 Maret 2023

Tujuan Musrenbang RKPD tahun 2023 ini adalah

1. Mematangkan rancangan RKPD tahun 2024 menjadi rancangan akhir RKPD
2. Mensinergikan intervensi berbagai pihak, berbagai sektor dan tingkatan pemerintah dalam penanganan isu isu strategis
3. Merupakan media konsultasi publik bagi segenap pemangku kepentingan untuk mendukung implementasi program dan kegiatan

“Melihat hasil pembangunan yang sudah tercapai, isu strategis pembangunan baik lokal, nasional, regional maupun global dan sasaran RPJP Kab. Solok tahun 2021-2026, maka Rancangan RKPD tahun 2024 mengangkat tema Mempercepat ekonomi melalui sektor pertanian, umkm, pariwisata secara implusif dan berkelanjutan,” ucapnya.

Bupati Solok dalam arahan nya mengatakan, Proyeksi kita tahun 2024, APBD Kab. Solok lebih kurang 1.418 Triliun. Pendapatan asli daerah kita proyeksikan 91 Milyar berdasarkan RPJMD. Pendapatan transfer 1.270 Triliun. Lain lain 56 Milyar, ini adalah RPJMD kita.

Dikatakan nya, dalam rangka meningkatkan PAD, kita akan menambah satu Kepala Bidang (Kabid) di Badan Keuangan Daerah yang tugasnya adalah untuk mendata semua potensi untuk bisa meningkatkan PAD Kab. Solok, karena selama ini kita belum maksimal dalam dalam pelaksanaannya.

“Bukan hanya PBB, tetapi pungutan pajak retribusi dan lainnya, seperti contoh penginapan yang sudah banyak tumbuh, bahkan sudah di bangun 5 tahun yang lalu, tapi tidak kita pungut retribusinya,” Kata bupati.

Bupati mengatakan, kedepannya kita akan menjadikan Kab. Solok ini sebagai daerah wisata, bukan hanya sekedar pertanian, untuk mendukung itu, infrastruktur harus bagus. Dan saya meminta Camat dan Wali Nagari agar siap bekerjasama untuk mewujudkan hal tersebut.

“Terkait dengan data Kemiskinan, saya minta Wali Nagari yang di koordinir oleh Camat untuk meyerahkan segera data masyarakat Kab. Solok yang berada dibawah garis kemiskinan by name by addres. Kita akan lakukan segala upaya dan usaha untuk mengentaskan kemiskinan ini, saya berharap 2024-2025 itu, insyaAllah kemiskinan kita itu sudah paling rendah se sumatera barat. Jika saat ini 7%, kedepannya di bawah 2% kita usahakan. Kita juga akan minta kerjasama dengan Baznas dan melibatkan perantau untuk menuntaskan kemiskinan tersebut,” ungkap bupati.

“Saya juga telah bicara dengan ibu Athari bahwa program bedah rumah sebanyak 2000 unit sesumatera barat akan diusahakan 1000 unit untuk Kab. Solok yang akan diprioritaskan untuk masyarakat kurang mampu,” ulasnya.

Tahun 2023 akan ada program Inpres dari Presiden kita Bapak Jokowi Dodo, melalui Dirjen Binamarga Kementerian PU bahwa Pemda boleh mengusulkan jalan Kabupaten, dan terkait dengan hal ini anggota DPR RI Ibu Athari juga mengusulkan 50 Milyar dari 100 Milyar yang dialokasikan untuk Pembangunan Jalan Kab. Solok.

“Saya berharap pembangunan yang akan kita jalankan benar benar bermanfaat dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat serta benar benar dibutuhkan oleh masyarakat kita,” tutup bupati.

Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi, Dimana Wali Nagari menyampaikan skala prioritas pembangunan diantaranya :

Nagari Aie Batumbuak
– Membangun Pagar untuk SMP 4

Nagari Batang Barus
– SD 07 mengusulkan Penambahan Ruang belajar Baru

Nagari Cupak
– Pembangunan bahu jalan, di ruas jalan Kabupaten
– pelebaran dan pembukaan jalan lingkar jalan ketempat wisata air panas.

Nagari Koto Gadang Guguak
– Perbaikan ruas jalan dari Talago ka Tabek Panjang
– Pembenahan wisata Tabek Panjang

Nagari Panyakalan
– Pemeliharaan Jalan Kab. Dengan hot mix
– Pengecoran jalan ke lokasi wisata Hexagon Sepanjang 4KM

Nagari Saok Laweh
– Permohonan Rehap Pustu

Nagari Bukit Bais
– pengerasan jalan lingkungan
– Jalan wisata dan pengembangan wisata Gua Basurek

Nagari Sungai Durian
– Permohonan bantuan alat untuk produksi UMKM

Nagari Taruang taruang
– Irigasi tersier sawah jantan

Nagari Sumani
– jalan lingkar pasar sumani
– Penerangan jalan umum

Nagari Tikalak
– Pembangunan jaringan baru perpipaan dari rumah ke rumah

Dilam
– Perbaikan jalan di Parambahan ke Kubang Duo

Sebagian besar skala prioritas yang di usulkan Wali Nagari adalah Perbaikan Jalan, Jembatan, Pustu serta HotMix jalan Lingkungan, beberapa juga mengusulkan perbaikan di sekolah dan pembangunan Tower di daerah Blank Spot(karta)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.