50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Bank Nagari Bantaeng Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Ngabuburit Komunitas Pesawat Tenaga Karet Di Lanud Sut

Padang,Lintas Media News
Komandan Lanud Sutan Sjahrir (Sut) Kolonel Nav Saeful Rakhmat diwakili oleh Kadispotdirga Mayor Tek Wahyudi Krisdyanto, A.Md., serta Kasikomsos Kapten Lek Harri Hargadi,S.Pd., melaksanakan pengembangan ordirga FASIPROV SUMBAR cabor Aeromodeling bidang rubber power yang dilaksankan di apron Lanud Sutan Sjahrir, Padang, Sumatera Barat, Rabu, (29/3/2023)

Rubber Powered Aeromodelling (Pesawat Tenaga Karet) adalah salah satu cabang dalam Aero Sport (Olahraga Kedirgantaraan)

Pesawat tenaga karet ini masuk kategori Terbang Bebas (Free Flight) dengan mengunakan karet sebagai motor atau tenaga untuk memutar propeler (baling-baling) pesawat agar pesawat bisa terbang. Sedangkan untuk kendalinya diatur atau trimming saat persiapan sebelum di terbangkan. Jadi saat terbang akan mengikuti setting awal penerbangan atau bisa berubah pada saat berada di udara. inilah yang menjadi tantangan bagi seorang Pilot Pesawat Tenaga Karet. Pesawat ini bisa di terbangkan di Luar dan Dalan Ruangan.
Di Indonesia sudah menjadi cabang olahraga dirgantara di beberapa event nasional. Pada tahun 2024 Rubber Powered Aeromodelling sudah resmi menjadi salah satu cabang yang di perlombakan di PON Aceh & Medan.

Beberapa tahun lalu di kota Padang dan Sumbar sudah pernah ada yang mulai menekuni hobi ini tetapi tidak bertahan lama. Namun tahun 2022 akhir mulai muncul komunitas Sumbar Rubber Powered Aeromodeling yang di dirikan oleh Dodi Kurniawan. Dengan memulai belajar membuat dan menerbangkan Pesawat Tenaga Karet dan sampai akhirnya berhasil Menjuarai event Penerbangan Pesawat Tenaga Karet yg diadakan oleh komunitas Rubber Powered Indonesia dengan menampati Podium Juara 1 dengan durasi maksimal 1 menit 31 detik dengan pesawat Model Stik White Eagle yang di buat oleh Bapak Onie Suryanto dari Jember. Beliau adalah salah satu Guru dan Pelopor dari Komunitas Pesawat Tenaga Karet di Indonesia.

Di kota Padang sendiri Sumbar Rubber Powered Aeromodelling berada di bawah Lanud Sutan Sjahrir dan di bawah payung FASI ( Federasi Aero Sport Indonesia) Padang. Setiap latihan selalu melaporkan aktivitas penerbangan kepada FASI Kota Padang.(rel)
Labels:
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.