50Kota Aceh Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Balikpapan Bank Nagari Bantaeng Batam Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR Dumai FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Jeneponto Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Merbau Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Pagaralam Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Pauh kamba Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau samarinda Sawahlunto Selat panjang Semarang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar Tangerang TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Padang Ekspres Luncurkan Halaman "Rakyat Memilih", KPU dan Bawaslu Beri Apresiasi

Padang,Lintas Media News
Pada momentum memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-24, Harian Padang Ekspres meluncurkan halaman khusus Rakyat Memilih, kemarin (25/1/2023). Ini bagian dari kontribusi koran dengan oplah dan pembaca terbesar di Sumbar ini  menyambut pesta demokrasi di Indonesia, yakni, Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Lewat halaman ini, Padang Ekspres diharapkan bisa menjadi media referensi dan ikut mewujudkan pemilu yang berkualitas.

“Halaman Rakyat Memilih ini adalah persiapan Padang Ekspres untuk menyambut pemilu mendatang. Dengan harapan, bisa memberikan banyak informasi akurat terkait pemilu kepada masyarakat khususnya di Sumbar,” ucap Pemimpin Redaksi Padang Ekspres Rommi Delfiano.

Senanda, Direktur Padang Ekspres Mhd Nazir Fahmi mengatakan, kehadiran rubrikasi yang sudah dimulai kemarin ini bisa dimanfaatkan oleh semua pihak. Termasuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan partai politik untuk menyampaikan informasi tentang kepemilikan.
“Rubrik ini akan berisi semua hal yang berhubungan dengan kegiatan KPU, Bawaslu, partai, termasuk kegiatan kampanye atau sosialisasi yang akan kita beritakan dengan seadil-adilnya sesuai kode etik jurnalistik dan UU Pers,” imbuh Nazir didampingi Wakil Direktur Padang Ekspres yang juga Ketua Pelaksana HUT Ke-24 Heri Sugiarto.

Menanggapi kehadiran halaman "Rakyat Memilih" ini, Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani berharap sekali Padang Ekspres bisa menjadi mitra dari KPU sebagai penyelenggara pemilu.

“Tentu harapannya, Padang Ekspres bisa menjadi garda terdepan untuk memberi edukasi dan informasi yang akurat kepada pembacanya. Bisa menjadi media yang meluruskan hoaks menjadi berita yang benar. Juga turut serta dalam menyosialisasikan tahapan pemilu nanti hingga ke lapisan terkecil masyarakat,” tuturnya.

Kemudian, Yanuk tak lupa mengucapkan selamat ulang tahun ke-24 kepada Padang Ekspres dengan harapan bisa tetap eksis ke depan. 

Pada acara syukuran HUT ke-24 Padang Ekspres dan peluncuran Halaman Rakyat Memilih ini, hadir Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar Basril Basyar, Kepala Kesbangpol Sumbar Jefrinal Arifin, perwakilan dari Kejati Sumbar Burhan, dan Kapolsek Kototangah AKP Afrino Chaniago.

Selain itu ada direktur, komisaris dan pemimpin redaksi di lingkungan Padang Ekspres Group; tokoh pers Sumbar Wiztian Yoetri, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati, Pemimpin Divisi Sekper Bank Nagari Idrianis didampingi Kabag Humas Bank Nagari Affino Stephie; GM Mercure Hotel Padang Subhan, public relation Truntum Hotel Padang Indah Midya, Sekretaris Jaringan Pemred Sumbar (JPS) Zondra Volta dan bendahara Mona Sisca.

Pada kesempatan yang sama Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Sumbar Muhammad Khadafi mengungkapan kebanggaannya pada Padang Ekspres dengan menghadirkan rubrik yang dinanti-nanti semua kalangan saat ini menghadapi Pemilu 2024.

“Umur 24 tahun ini Padang Ekspres konsisten dalam memberitakan segala informasi termasuk tentang pemilu. Harapan saya, Padang Ekspres bisa membuat pemilu bisa berjalan dengan semestinya,” jelas dia.

Disampaikannya, Bawaslu dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota sangat mengapresiasi kehadiran rubrik ini. Semoga bisa menjadi literasi dalam pemilu, politik dan juga demokrasi.

“Dengan kolaborasi ini, semoga bisa menghadapi segala tantangan pemilu. Termasuk meminimalisir politik uang agar semua proses pemilu bisa sesuai regulasi yang ada,” katanya.

Sinergi media dengan KPU, Bawaslu dan semua stakeholder terkait itu, katanya adalah wajib. "Dengan begini, semoga Padang Ekspres bisa menjadi agen perubahan menuju lebih baik,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Sumbar Jefrinal Arifin menyampaikan, rubrik ini berpotensi untuk menaikkan partisipasi pemilih pada pemilu mendatang.

“Pemilu lalu, partisipasi pemilih hanya 65-70 persen saja. Dengan kehadiran rubrik khusus ini, diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih lebih dari 70 persen, bahkan bisa hingga 100 persen,” tutur Jefrinal.

Peningkatan partisipasi ini katanya, karena bisa memberikan semangat masyarakat untuk berbondong-bondong ke TPS karena sudah mendapatkan informasi yang lengkap dan benar.

“Saya yakin pengaruhnya akan sangat luar biasa nanti untuk masyarakat apalagi dengan kerja sama KPU, Bawaslu dan semuanya untuk meningkatkan pemilu yang cerdas dan berkualitas,” tambahnya. (rel)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.