50Kota Aceh Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Balikpapan Bank Nagari Bantaeng Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR Dumai FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Jeneponto Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Pauh kamba Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau samarinda Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar Tangerang TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Meriahkan Bulan K3 Nasional dan Mutu, Semen Padang Gelar Berbagai Kegiatan


PADANG,Lintas Media News.
Pelaksanaan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu Semen Padang kembali digelar. Diawali dengan upacara bendera di lapangan Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang, pembukaan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu Semen Padang itu, ditandai dengan pelepasan balon berhadiah 50 zak semen ke udara, Kamis (12/1/2023).

Dirut PT Semen Padang, Asri Mukhtar Datuak Tumangguang Basa, dalam pidato upacara pembukaan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu Semen Padang tahun 2023 menyampaikan bahwa pada peringatan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu yang digelar mulai 12 Januari hingga 12 Februari, banyak kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan K3 dilaksanakan oleh perusahaan. 

Berbagai kegiatan yang digelar selama sebulan penuh itu sengaja digelar perusahaan, bertujuan untuk memperkuat dan mempertajam pengetahuan dan kemampuan karyawan atau insan perusahaan Semen Padang di bidang K3, serta untuk peningkatan mutu dalam hal improvement maupun inovasi.

Oleh karena itu, Asri mengimbau kepada seluruh jajaran di perusahaan, agar mendukung dan berpartisipasi aktif untuk terselenggaranya berbagai kegiatan Bulan K3 Nasional dan Mutu. Bahkan, Asri pun berharap kegiatan bulan K3 Nasional dan bulan Mutu ini dapat dijadikan momentum untuk memasyarakatkan dan membudayakan K3 kepada seluruh insan perusahaan.

Asri juga menyampaikan soal penerapan K3 di PT Semen Padang. Kata dia, penerapan K3 dilaksanakan pada seluruh aktivitas operasional dan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan seperti, pabrik, tambang, kantor, dan fasilitas perusahaan seperti masjid, fasilitas olahraga, Wisma Indarung, Club House, dan perumahan karyawan Semen Padang. 

Meski begitu, Asri berharap kepada selurun insan perusahaan agar penerapan K3 hendaknya juga diimplementasikan di rumah dan menjadi budaya di rumah. Dan, implementasi tersebut dapat dimulai dengan mengenali bahaya apa saja yang ada dirumah (tahap identifikasi bahaya). 

Kemudian, melakukan pencegahan, penanganan, pengendalian (tahap mitigasi bahaya) dengan cara menghilangkan sumber bahaya, mengganti bahan dengan yang tidak berbahaya tetapi dengan fungsi yang sama. "Setelah diidentifikasi dan mitigasi, maka selamatjutnya kita buat catatan-catatan potensi bahaya untuk disampaikan atau disosialisasikan kepada keluarga di rumah," kata Asri.

Penerapan K3 di Semen Padang, lanjut Asri, dilakukan melalui berbagai tahapan. Dan itu, dimulai dari perencanaan (plan), yakni dengan adanya izin Kerja K3 atau work permit untuk memastikan bahwa pekerjaan dilakukan dengan aman dan efisien. "Pada tahapan ini, juga ada Tool Box Meeting," katanya. 

Setelah membuat perencanaan, lanjutnya, tahapan berikutnya adalah tahap pelaksanaan (Do), yakni pengawasan saat pekerjaan dan pencatatan laporan K3 saat pekerjaan. Kemudian, diteruskan dengan tahapan pengecekan (check) melalui evaluasi K3. "Tahapan terakhir, adalah Action dengan pembuatan standar K3," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang, Musytaqim Nasyra mengatakan, Semen padang menyelenggarakan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu ini sehubungan dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 135 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun  2023.

Ada beberapa kegiatan yang digelar PT Semen Padang selama rangkaian Bulan K3 Nasional dan Mutu dengan tema "Terwujudnya Pekerjaan layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja".  Selain upacara, juga digelar launching hari olahraga, lomba SHE Challenge yang akan dilaksanakan, dan seminar K3. 

"Berbagai kegiatan yang menjadi rangkaian dari Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu ini sesuai dengan harapan manajemen Semen Padang, guna memperkuat dan mempertajam pengetahuan dan kemampuan karyawan atau insan perusahaan Semen Padang di bidang K3," katanya. 

*Bulan K3 Nasional SIG*

Selain di PT Semen Padang, pembukaan Bulan K3 Nasional juga digelar serentak di SIG. Digelar secara virtual, pembukaan Bulan K3 SIG itu dibuka oleh Direktur SDM & Umum PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Agung Wiharto, dan diikuti oleh seluruh Opco SIG yang terdiri dari PT Semen Padang, PT Semen Tonasa, PT Semen Gresik, PT Semen Batu Raja, dan PT Solusi Bangun Indonesia (SBI).

Setelah pembukaan Bulan K3 SIG, kegiatan pun dilanjutkan dengan seminar K3 dengan menghadirkan Koordinator Pemeriksaan Norma K3, Kemnaker RI, Dr. dr. Sudi Astono, MS sebagai pemateri seminar K3 yang berjudul "Terwujudnya Pekerjaan  Layak Yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha Disetiap Tempat Kerja". 

Agung Wiharto dalam sambutannya menyampaikan bahwa SIG saat ini adalah inustri semen terbesar di Indonesia yang tentunya akan semakin berat tantangan yang akan dihadapai diberbagai sektor. Untuk sektor K3 misalnya, ia pun mengajak seluruh insan SIG untuk berkomitmen menerapkan K3 di lingkungan tempat kerja. 

"K3 tangungjawab kita bersama. Kalau abai menerapkan K3, berbagai resiko berpotensi terjadi. Saya tidak ingin sekecil apa pun potensi tersebut ada di lingkungan SIG. Saya tidak ingin ada seorang anak yang kehilangan ayahnya, ada seorang ibu kehilangan anaknya, dan ada karyawan yang kehilangan anggota tubuhnya. Makanya, K3 komitmen kita bersama, harus nomor satu," ujar Agung.(*)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.