50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bank Nagari Bantaeng BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan

KASAU Fajar Prasetyo : TNI AU Berkomitmen Bantu Pemerintah Wujudkan Ketahanan Pangan



Padang,Lintas Media News.
Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.,SE.MPP.CSFA mengatakan.TNI AU berkomitmen membantu pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia.

Fadjar Prasetio mengatakan hal itu saat kunjungan kerjanya di Pangkalan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir Padang, Selasa (29/11/2022).

Dalam kunjungan kerja  tetsebut Kasau didampingi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan.) RI Arfiq Hasnul Qolbi serta Pemilik Benih Dirut PT Sorgum Indonesia Group (SIG) Mohd Hendry melakukan Penandatanganan MOU antara TNI AU dengan Kementan, dilanjutkan Penanaman Kpt Sus Zaoton, Sorgum Lanud secara simbolis oleh Kasau.
Pada kesempatan itu Kasau Fajar mengatakan, pencanangan penanaman sorgum ini merupakan wujud kerjasama yang baik antara Kementan dan TNI, khususnya TNI AU untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia.

“TNI AU punya lahan yang cukup luas, dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ini, untuk itu kita wujudkan hari ini,” ujar Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.
Menurut Fajar,TNI AU juga akan menyiapkan lahan di Lanud lain se-Indonesia untuk penanaman sorgum,TNI juga sudah berpartisipasi dalam rangka ketahanan pangan dalam bentuk kain dan tanaman yang lainnya.

Dijelaskan Fajar,sorgum merupakan tanaman jenis rumput-rumputan dan masih satu keluarga dengan padi, jagung dan gandum,tanaman ini dinilai serbaguna yang juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan, pakan ternak, bio energi, dan bahan baku industri.
Sementara, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menyatakan.Penanaman sorgum ini merupakan kerjasama antara Kementan dengan TNI dalam mendukung ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan.Sesuai arahan Presiden yang dituangkan dalam amanat UU dan juga diterjemahkan dalam Perpres. 

Wamentan Harvick mengatakan, penanaman bibit sorgum ini nantinya akan dilakukan di lahan milik Lanud TNI AU se-Indonesia.

Menurutnya, sorgum merupakan komoditas pangan alternatif, selain padi kedelai, jagung, dan sagu,dan juga bisa membuat alternatif pangan di Indonesia kedepan lebih beraneka ragam.
“Sudah disampaikan oleh pak KASAU, ke depan mungkin kita akan membuat pabrik untuk hilirisasi nantinya, tentunya kita sinergikan mana yang perlu untuk masyarakat sekitar untuk Provinsi Sumbar. Misalnya jadi beras sorgum, tepung sorgum,” ujar Harvick.

Kagiatan ini juga dihadiri Wakapolda Sumbar, Kasrem 032/Wbr, Wadan Lantamal 2 Padang, Kadin Sumar, Staf Ahli Pemkab Solok, Kapolres Padang, Wakil Bupati Padang Pariaman dan OPD Terkait.(St)


[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.