50Kota Aceh Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Balikpapan Bank Nagari Bantaeng Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR Dumai FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Jeneponto Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Pauh kamba Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau samarinda Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar Tangerang TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Disdikpora Kabupaten Solok, Susun Penginputan RKAS berdasarkan Perencanaan Berbasis Data


       
Solok . Lintasmedianews.com .-Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini diikuti oleh 144 peserta, yang terdiri dari Bendahara BOS dan Operator di lingkungan SMP Kabupaten Solok, dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Anthony Salisa, S.E, M.Ec.Dev.

 kegiatan penyusunan dan penginputan RKAS BOS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) SMP se Kabupaten Solok untuk tahun 2023 berdasarkan Perencanaan Berbasis Data menjadi ARKAS (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) di SMP N 2 Kubung, ( 21-23/11/2022). 


Hadir juga pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dr. Nila Kesumawati, S.Ag, M.Pd , Kasubag Keuangan Disdikpora, Meri Gusda Yuna, S.E.

Kegiatan ini dilaksanakqn dalam rangka menindaklanjuti perintah dari Kementerian Pendidikan terkait dengan penyusunan RKAS tahun 2023 yang tertuang di dalam ARKAS berdasarkan Perencanaan Berbasis Data (PBD). Data yang menjadi landasan penyusunan RKAS ini diambil dari hasil analisis rapor sekolah yang berisi IRB (Identifikasi, Refleksi dan Benahi).

Nila Kesumawati dalam laporan menyampaikan bahwa Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah sebuah perubahan kebiasaan untuk mendorong satuan pendidikan menyusun kegiatan peningkatan capaian pembelajaran berdasarkan fakta. PBD adalah proses yang berkelanjutan dan terintegrasi dalam siklus perencanaan sekolah, melalui IRB, yaitu: Identifikasi, mengidentifikasi masalah berdasarkan indikator yang ditampilkan di dalam Rapor Pendidikan. Refleksi, melakukan refleksi capaian, pemerataan dan proses pembelajaran di sekolah. Benahi, melakukan pembenahan melalui perumusan kegiatan dalam bentuk Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS), pungkas Nila.

Sementara itu, Anthony Saliza dalam sambutannya mengatakan agar semua peserta dapat mengikuti dengan serius karena kegiatan ini sangat penting. Selain itu Anthony juga berharap agar diciptakan kerjasama yang baik antara Bendahara BOS dengan Operator Sekolah. “ Saya Berharap agar Bendahara BOS dan Operator Sekolah saling bersinergi untuk bisa menyelesaikan penginputan RKAS 2023 ke dalam ARKAS”, dan menekankan bahwa “PBD (Perencanaan Berbasis Data) merupakan hal yang sangat penting bagi sekolah dalam menyusun RKAS untuk meningkatkan mutu sekolah”.

“Sebagai bentuk hasil kegiatan penginputan RKAS 2023 ke dalam ARKAS maka bendahara dan operator sekolah harus menyerahkan dokumen PBD yang telah disetujui oleh Pengawas Sekolah, dan diketahui oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP” ujar Asben Joni Putra, S.Pd.I selaku Analis Sumber Daya Aparatur Muda Bidang SMP yang membawahi kegiatan ini.” Ungkap Anthony.

Output yang diharapkan dari terlaksananya kegiatan ini yaitu berupa RKAS 2023 yang tertuang dalam ARKAS berdasar pada PBD sebelum masuk tahun anggaran baru 2023 sehingga terperbaiki proses yang ada di sekolah pada tahun 2023 nanti. (Karta)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.