50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Bank Nagari Bantaeng Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Ketua DPRD Sumbar Dukung Lima Pelajar Sumbar Ikut Program Remaja Parlemen DPR- RI



PADANG,Lintas Media.
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) Supardi,mendukung lima orang pelajar Sumbar untuk ikut program remaja parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Tahun 2022 di Jakarta.

Dukungan itu disampaikan Supardi 
saat menerima Perwakilan Remaja Parlemen Sumbar Tahun 2022 diruangan rapat pimpinan DPRD Sumbar.Jumat (7/10/2022).Mereka  meminta  dukungan dari Ketua DPRD Sumbar  agar program
Remaja Parlemen DPR RI Tahun 2022 di Jakarta yang mereka ikuti berjalan lancar.

Pada kesempatan itu,Supardi menceritakan.Struktur bangunan rumah gadang di Minangkabau memiliki berbagai filosofi, salah satunya rangkiang. Rangkiang merupakan bangunan kecil yang berada pada halaman rumah gadang dan memiliki fungsi untuk menyimpan logistik makanan untuk anggota keluarga, dari Rangkiang bisa diambil pelajaran bahwa dari kecil masyarakat Minang telah diajarkan tentang ketahanan pangan.

Berkaitan dengan hal itu, Supardi minta,sebagai perwakilan Sumbar,tampil dan presentasikanlah rumah gadang Minangkabau yang memiliki banyak filosofi itu,jangan hanya sekedar makanan dan baju adat saja yang ditampilkan,tampilkanlah potensi budaya  yang berbeda dari perwakilan daerah lainnya,

Supardi menambahkan. Jika yang ditampilkan perwakilan Sumbar dalam program itu hanya makanan dan baju adat, mungkin bisa saja  sama dengan provinsi lain, berikan persembahan yang berbeda, seperti memperkenalkan filosofi rumah gadang.

"Ketahanan pangan merupakan salah satu program pemerintah untuk menekan angka stunting, filosofis rumah gadang sangat menarik untuk dipresentasekan," Tukul Supardi.

Supardi juga mengatakan, menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, penyelenggaraan pemerintahan daerah adalah gubernur dan DPRD. Jadi secara hirarki DPRD dan gubernur itu setara, gubernur adalah perpanjangan tangan pemerintah pusat didaerah, sementara DPRD memiliki fungsi pengawasan, pembentukan peraturan daerah hingga menyusun dan menyetujui anggaran.

Kekurangan yang dibutuhkan oleh perwakilan Sumbar pada program Remaja Parlemen 2022 DPRD RI untuk menampilkan potensi kebudayaan akan ditindaklanjuti pada Dinas Pendidikan dan Pariwisata Sumbar, diharapkan siswa/siswi yang mewakili Sumbar bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan daerah.Ujar Supardi.

Menurut Supardi,perwakilan Sumbar pada Remaja Parlemen 2022 sebanyak lima orang, pada Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar 1 ada tiga orang yaitu Dzafran Gunawan dari SMA 1 Negeri Sijunjung, Naila Awallia Putri SMA Negeri 1 Padang, Annisa Adhiratu Afifah SMA Negeri 3 Padang. Sementara untuk Sumbar 2 adalah Donal Syafriadi Man Insam Cendekiawan Padang Pariaman, Delfia Cahyati juga dari sekolah yang sama

Sementara, Naila Awallia Putri salah satu peserta Remaja Parlemen 2022 mengatakan, dukungan dari Ketua DPRD Sumbar merupakan bekal bagi peserta dalam mengikuti rangkaian acara di DPRD RI, hal itu meliputi simulasi paripurna, rapat kerja dan kegiatan kedewanan lainya. 

Selain itu perwakilan Sumbar juga akan  memperkenalkan potensi kebudayaan daerah seperti baju adat, makanan hingga rekomendasi Ketua DPRD Sumbar untuk mempresentasikan filosofi rumah gadang.

Dia mengatakan Parlemen Remaja 2022 mengusung tema "Generasi Sadar Privasi, Dataku Tanggung Jawabku, jadi kita akan pelajari pola penyusunan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi, kegiatanpun dilaksanakan pada 10-14 Oktober 2022.

Dia mengatakan sebelum keberangkatan pihaknya terkendala akomodasi untuk membawa sovenir, makan yang akan diperkenalkan hingga baju adat daerah, diharapkan hal itu bisa diakomodir oleh pihak terkait. 

"Tidak hanya belajar tugas kedewanan,  namun kita juga akan studi banding ke Google hingga Tokopedia," katanya.

Dia mengatakan tujuan dari acara ini agar generasi muda memahami dunia keparlemenan dan tidak alergi terhadap politik. Sehingga program Parlemen Remaja yang sudah diselenggarakan sebanyak 15 kali, menjadi ajang pembelajaran dan pendekatan para pelajar dengan sistem politik tanah air.(rls/st)
Labels:
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.