50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bank Nagari Bantaeng Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Pemkab Meranti MoU dengan Unpad, ITB dan UPI Wujudkan Program Meranti Cerdas

BANDUNG,Lintas Media News.
Setelah beberapa waktu lalu menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Pertanian Bogor (IPB), Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kembali melakukan kerjasama dengan tiga universitas ternama di Indonesia. Yakni Universitas Padjajaran (UNPAD), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Penandatanganan kerjasama yang dilakukan di tiga kampus tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil, SH, MM, Rabu (7/9/2022).

Di Unpad, Bupati Adil disambut langsung oleh Wakil Rektor Prof. Drs. Yanyan Moch. Yani, MAIR, Ph.D dan civitas akademika kampus.

"Selamat datang. Saya berharap MoU ini dilanjutkan ke perjanjian kerjasama, agar lebih cepat terwujud apa yang kita cita citakan," ungkapnya.

Usai menyampaikan terimakasih karena telah disambut baik, Bupati diajak untuk meninjau Pusat Akademik Inovasi Teknologi dan Riset Kesehatan Fakultas Kedokteran. Dalam kesempatan itu Adil berharap Unpad bisa membantu mengirimkan para dokter spesialis untuk bertugas di RSUD Kepulauan Meranti. 

"Kami kekurangan 12 dokter spesialis. Jadi selain meminta bantuan untuk mencetak mahasiswa Meranti yang unggul, kami juga minta dikirimkan dokter spesialis ke Meranti," harap Bupati Adil.

Setelahnya, Bupati menuju kampus UPI dan disambut langsung oleh Rektor UPI Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Ps, M.A.

Di kampus pendidikan terbaik di Indonesia ini, Bupati H. M Adil menyampaikan program Meranti cerdas untuk menciptakan anak daerah dengan sumber daya manusia yang unggul. Untuk itu, dia berharap UPI bisa membantu Pemkab Meranti dalam mewujudkan hal tersebut, khususnya dalam mencetak SDM tenaga pendidik dan kependidikan.

"Meranti kekurangan 600 lebih guru untuk SD dan SMP. Makanya kita berharap dengan MoU ini, anak Meranti yang kuliah di sini bisa terbantu dalam upaya mencetak tenaga pendidik yang mumpuni," sebut bupati.

Rektor UPI Prof. Solehuddin menyambut baik upaya Pemkab Meranti menciptakan tenaga pendidik dengan berkerjasama dengan kampus tersebut. 

"Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan. UPI siap membantu, kami sudah membuka program magister. Untuk para guru bisa melanjutkan di sini," sebutnya.

Kemudian Bupati Adil bergerak ke Kampus ITB dan disambut oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Prof. Ir. Wahyu Srigutomo, Ph.D dan seluruh dekan dari berbagai fakultas di ITB.

Bupati Adil memaparkan daerah yang dinakhodainya sedang menata berbagai hal yang mendasar, salah satunya peningkatan SDM melalui pendidikan tinggi. Menurutnya jurusan teknik dan penguasaan teknologi masih minim dikuasai oleh anak-anak Meranti. Sehingga banyak dari sumber daya alam di daerah belum termaksimalkan.

"Kita sangat butuh ahli di bidang teknik. Baik itu teknik sipil, jembatan, pengelolaan limbah, teknik perminyakan dan lainnya. Kami butuh dukungan dari ITB," ungkap bupati. 

Prof. Wahyu menyampaikan ITB hadir untuk Indonesia termasuk di dalamnya Kepulauan Meranti. Ada 12 fakultas di ITB dengan berbagai konsentrasi ilmu, yang siap memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh Pemkab Meranti.

"Kita akan usulkan mahasiswa ITB untuk KKN di Kabupaten Kepulauan meranti, agar dapat melakukan riset dan pengabdian kepada masyarakat," ungkapnya. 

Mendampingi Bupati dalam penandatangan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Meranti Suardi, M.Pd dan sejumlah pejabat lainnya. (Nina/rls).
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.