50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bank Nagari Bantaeng BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan

Vaksin Covid-19 Moderna Bulan ini Mulai Beredar.

             
Payakumbuh. , LINTASMEDIANEWS.COM-Vaksin Covid-19 Moderna akan mulai diberikan, Dimana rencana awalnya Vaksin ini hanya akan diberikan untuk tenaga kesehatan (nakes) saja sebagai Booster, namun karena cukup tersedia maka juga diberikan untuk masyarakat, tapi dalam jumlah terbatas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh Bakhrizal menjelaskan untuk tenaga kesehatan akan diberikan dosis ketiga, sedangkan untuk masyarakat akan diberikan kepada masyarakat yang belum pernah diVaksin.

"Untuk Nakes Vaksin Moderna ini digunakan sebagai Vaksinasi Booster, yang akan berfungsi supaya Imunologi lebih Terstimulasi sehingga dapat memperoleh kekebalan yang lebih baik," kata Kadinkes yang biasa dipanggil dr. Bek itu kepada Media di Kantornya, Rabu (01/09).

"Sedangkan untuk masyarakat yang telah menerima dosis pertama Vaksin Sinovak tidak bisa diberikan Vaksin moderna untuk dosis keduanya, tetap lanjut dosis keduanya dengan Sinovak," terangnya.

Lebih lanjut Kadinkes menyebut, untuk kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) dari Vaksin Moderna ini, dari yang telah menerima Vaksin tersebut kebanyakan merasakan nyeri badan pada bekas suntikan, demam, sakit kepala, dan nyeri otot atau sendi.

"Sebagian besar KIPI nya ringan dan singkat serta akan sembuh tanpa dengan pengobatan, serta gejalanya juga berbeda beda tergantung dari respon tubuh masing masing orang dalam menerima Vaksin tersebut," ujarnya.

Dr. Bek juga mengatakan bahwa keuntungan dari Vaksin Moderna ini, ketika bepergian ke Luar Negeri sudah bisa dipakai, sebab dibeberapa Negara Vaksin ini sudah diakui.

"Untuk Sinovak tergantung dari negara yang akan dikunjungi, apakah mereka terima atau tidak," jelasnya.

Sampai saat ini dr. Bek menyebutkan total Vaksin Moderna yang sudah di terima sebanyak 4.928 dosis yang diperuntukkan untuk Nakes sebanyak 1.288 dosis dan masyarakat sebanyak 3.640 dosis.

"Untuk Nakes kita hanya berikan bagi petugas lapangan yaitu di Puskesmas dan Rumah Sakit. Sedang untuk masyarakat hanya untuk 1.820 orang, sebab dari 3.640 itu akan diberikan untuk dua kali Dosis," ujarnya.

"Untuk Sinovak tetap kita berikan, karena kita masih menerima bantuan dari pemerintah pusat dan beberapa lembaga," pungkasnya. (H/Muchlis)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.