Padang,Lintas Media News
Anggota komisi V DPRD Sumbar H. Hidayat, daerah pemilihan Sumbar 1 (Kota Padang) mengikuti Dialog kebangsaan dengan Judul Yang Muda Yang Berbudaya bertemakan menulis nilai-nilai Adat di era digital di Jalan Batang Naras Alai Parak Kopi Jum’at (1/9/2023).

Acara dialog dipandu Jonedi Kambang dan Nofal Wiska tersebut menghadirkan Narasumber Khairul Jasmi dari Harian Singgalang tentunya juga H. Hidayat dari DPRD Provinsi Sumbar.

Dalam dialog tersebut dihadiri para generasi muda dari berbagai organisasi termasuk Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumbar.

Dengan diadakannya dialog tersebut, H. Hidayat berharap generasi muda di Sumatera Barat khususnya Kota Padang memahami potensi-potensi kearifan lokal, potensi-potensi budaya, bahas daerah potensi kesenian tradisional, Permainan anak serta literasi cagar Budaya.

“Dengan pengenalan budaya kita, kita berharap menjadi kebanggaan dengan budaya kita,” ungkap Hidayat.

Hidayat menambahkan tidak perlu bangga dengan budaya orang lain, karena belum tentu cocok dengan nilai budaya sendiri.

“Budaya kita memiliki kearifan luar biasa seperti nilai gotong royong dan toleransi, disiplin, tanggungjawab sosial dan juga menghargai keberagaman budaya dan juga keyakinan,” lanjut Hidayat.

Hidayat berharap disain budaya sendiri akan mengusulkan nilai ekonomi produktif dan ekonomi kreatif.

“Kita berharap budaya kita bisa menghasilkan ekonomi dengan tarian tradisional, alat musik dengan berkolaborasi berbagai instansi seperti Dinas kebudayaan, pariwisata,” lanjut Hidayat.

Saat ini DPRD Sumbar bersama Pemerintah Provinsi Sumbar sedang menyusun Rakerda tentang kemajuan kebudayaan tersebut. Hal tersebut akan menjadi payung hukum menelorkan program dan kegiatan untuk memajukan kegiatan kebudayaan. (*/st)

 
Top