PADANG,Lintas Media News
 Ada yang berbeda terlihat di ujung barisan peserta Merah Putih Light Carnival 2023 yang digelar Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Jalan Jenderal Sudirman Kota Padang pada Jumat (18/8/2023) malam.

Ribuan masyarakat yang berada di lokasi acara, menyoroti rombongan  arak-arakan dari PT Semen Padang yang berada di urutan 33. Dimana, dalam rombongan tersebut, tampak replika Tanduk Kerbau yang diangkut menggunakan truk. 

Hal ini membuat masyarakat penasaran dan menghampiri lebih dekat barisan pawai Merah Putih Light Carnival tersebut. Kondisi semakin riuh, ketika kerumunan masyarakat tersebut, melihat aksi lucu dua badut yang menggunakan kostum ikon perusahaan semen kebanggaan masyarakat Sumbar itu.

Sejumlah anak-anak bahkan berlarian menghampiri dua badut tersebut. Masyarakat juga turut mengabadikan momen tersebut dengan merekam baik foto maupun video dengan tim pawai dari PT Semen Padang itu. 
Selain replika Tanduk Kerbau, dalam iring-iringan rombongan perusahaan Semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang sudah berusia 113 tahun itu, juga tampak replika Silo (tempat penyimpanan semen) dari pabrik PT Semen Padang. 

Berbeda dengan tim pawai dari pihak lainnya, yang lebih dominan menampilkan atraksi serta pernak pernik lainnya, sehingga saat tim pawai dari PT Semen Padang dipanggil oleh MC, tepuk tangan dan sorak sorai bergemuruh terdengar di lokasi acara tersebut.

Begitupun ketika MC menyebutkan bahwa Pabrik Indarung I PT Semen Padang telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya Nasional, seluruh tamu undangan terlihat begitu senang atas kabar yang mengembirakan dari perusahaan gebanggaan masyarakat Sumbar tersebut.

Selain PT Semen Padang, sejumlah BUMN lainnya juga turut memeriahkan  Merah Putih Light Carnival itu, yakni dari PT PLN, Bulog, serta ada dari pihak kepolisian, suku Nias, atraksi naga liong dari HTT Padang, dan seluruh OPD lingkup Pemprov Sumbar dan ditambah dari sejumlah OPD di lingkup Pemko Padang.

Pada acara Merah Putih Light Carnival 2023 itu, juga hadir berbagai acara hiburan, termasuk penampilan Darak Badarak yang merupakan Sanggar Kesenian Pemuda Pariaman yang baru saja meraih Juara II Indonesia's Got Talent 2023.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan bahwa PT Semen Padang turut berpartisipasi pada acara Merah Putih Light Carnival 2023 itu, karena kegiatan ini merupakan bagian dari menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI di Kota Padang.

"Selain HUT Kemerdekaan RI, kegiatan ini juga digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kota Padang ke-354. Dan, Semen Padang sebagai perusahaan terbesar di Sumbar dan menjadi kebanggaan masyarakat Sumbar, tentunya sudah menjadi kebanggaan bagi kami untuk ikut berpartisipasi memeriahkannya," kata Anita. 

Tentang PT Semen Padang

PT Semen Padang adalah perusahaan kebanggaan masyarakat Sumatera Barat, yang berdiri sejak 18 Maret 1910, dan merupakan perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Perusahaan ini telah berperan menjadi salah satu penggerak ekonomi, pembangunan infrastruktur, pendidikan dan sosial kemasyarakatan di Sumbar. 

Eksistensi PT Semen Padang dalam sejarah modernisasi dan industrialisasi di Indonesia, telah teruji dalam pembangunan berbagai landmark atau Mahakarya di berbagai kota di Indonesia, seperti Monumen Nasional  yang berdiri kokoh sebagai simbol ibu kota negara, gedung Bursa Efek Indonesia, Jembatan Semanggi,  Gedung MPR/DPR di Senayan, Hotel Indonesia di jantung Jakarta, Jembatan Barelang,  Monumen Tsunami Aceh, Bandara Kuala Namu Medan, Jembatan Kelok Sembilan serta  berbagai bangunan penting lainnya di negeri ini.

PT Semen Padang kini juga memiliki salah satu bangunan yang membanggakan Kota Padang, Sumbar dan Indonesia, dengan ditetapkannya Pabrik Indarung I sebagai Cagar Budaya Kota Padang, Cagar Budaya Provinsi Sumbar,  Cagar Budaya Nasional dan dalam proses menuju Cagar Budaya Dunia yang akan ditetapkan Unesco.(*)
 
Top