Lintasmedia news.com,
Bupati Dharmasraya-Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E, yang juga Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) memimpin langsung rapat persiapan acara akbar peringatan Hari Lansia Tingkat Nasional yang akan digelar pada 29 Mei 2023.

Rapat tersebut dihadiri oleh Sekda, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda Seluruh Kepala Perangkat Daerah, Kabag di lingkup Setda, Direktur RSUD Sungai Dareh dan Sungai Rumbai, Camat Se Kabupaten Dharmasraya, Senin (08/05/2023) di Auditorium kantor Bupati setempat.

Bupati menekankan agar pelaksanaan acara peringatan Hari Lansia Tingkat Nasional di Dharmasraya berjalan sukses dan lancar. Maka dari itu, Bupati menegaskan kepada seluruh pihak terkait untuk benar-benar serius dalam menangani acara yang akan dilaksanakan.

“Berkaitan dengan hal tersebut perlu kita Rapatkan bagaimana tindak lanjut dari rapat yang sudah dilaksanakan pada tanggal 02 Mei 2023 yang lalu. Saya minta Laporan / Progres yang sudah dilaksanakan terutama sasaran atau Penerima Manfaat dari HLUN ini,” ujar Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya, Martin Efendi, S.Hut, M.M melaporkan hasil Progres yang sudah dilaksanakan antara lain Hasil Verifikasi dan Validasi Data Lansia Kabupaten Prelist Data Lansia berjumlah 11.451 Lansia di 11 Kecamatan.

Data Sesuai DTKS, Miskin dan Tidak Mampu berjumlah 5.218 Lansia di 11 kecamatan.

Hasil Verval Jenis Bantuan Operasi Katarak 319 Lansia, Sembako 4.847, Perbaikan Rumah 524, Alat Bantu Dengar 219, Obat-obatan 1.280, Tongkat 334, Kursi Roda 164, Permakanan 487.

Sebagai gambaran, sebut Martin, Dalam rangka HLUN dengan agenda Verifikasi dan Validasi Data Lansia, Operasi Katarak, Bantuan Permakanan Bagi Lansia Tunggal, Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan, pelayanan perekaman e-KTP Lanjut Usia, Renovasi Rumah Lanjut Usia, Program Pemberdayaan Ekonomi Lansia, Bakti Sosial TAGANA, Kampanye Sosial, Nikah Isbat Masal, Pembuatan Taman Lansia, Donor Darah, Pemberian bantuan Aksesibilitas Kursi Roda, kacamata, Tongkat, Walker. Pemberian bantuan sandang, Nutrisi, Bantuan PKH dan Sembako bagi Lansia.(elda)
 
Top