Dharmasraya, Lintas Media News

Cegah Polio pada anak-anak Wali Nagari Batu Rijal, Burhanuddin, pihak puskesmas didampingi Camat gelar kegiatan Vaksinasi Polio pada anak-anak, di gedung Posyandu setempat, Senin (06/03/2023).

Wali Nagari Burhanuddin didampingi Kepala Puskesmas Irma Suryani, dan Camat Padang Laweh Berlian Oemar sebelum acara vaksin diberikan pada anak, terlebih dahulu menjelaskan bahaya virus polio dan bagaimana cara serta media penularan virus tersebut kepada para orang tua.

“Kami pemerintahan nagari Batu Rijal bekerjasama dengan Petugas Puskesmas Padang Laweh dan didampingi bapak Camat juga, guna mencegah Polio di Kabupaten Dharmasraya, khususnya nagari Batu Rijal, mengajak seluruh para orang tua yang memiliki anak-anak khususnya balita untuk melakukan imunisasi polio. Insyaallah kami dinagari menargetkan seratus persen imunisasi polio bagi anak-anak dan balita yang berdomisili di Nagari Batu Rijal ini,” ucap Burhanuddin.

Kepala Puskesmas Padang Laweh Irma Suryani diacara yang sama mengatakan,” hari kita melaksanakan press polio yang bertujuan untuk memberikan imunitas kepada anak-anak kita supaya mereka kebal terhadap kuman dan penyakit polio,” ungkap Irma Suryani.

Tak ketinggalan Camat Padang Laweh Berlian Oemar diacara yang sama juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Padang Laweh untuk mengsukseskan press polio atau imunisasi polio.

”Suksesnya acara press polio atau imunisasi polio ini tidak terlepas dari dukungan lintas sektor atau pemerintah nagari yang ada di kecamatan Padang Laweh dan semua stakeholder yang ada untuk bisa menyampaikan informasi yang telah di mulai hari ini yaitu hari Senin tanggal 06 sampai nanti tanggal 13 Maret 2023. Demikian himbauan kami sampaikan agar Kecamatan Padang Laweh bebas dari Polio,” himbau Camat Padang Laweh.

Diketahui Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh Virus Polio. Polio atau poliomyelitis dapat dialami oleh siapa saja, tetapi umumnya menyerang anak usia di bawah 5 tahun (balita), terutama yang belum menjalani Imunisasi Polio.

Polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen dan bahkan kematian akibat gagalnya atau lumpuhnya sistem pernapasan, ancaman polio menjadi besar bila cakupan vaksinasi polio rendah.

Vaksin polio dapat memberikan kekebalan apabila anak tertular dapat terlindungi dari kelumpuhan dan kematian akibat virus polio. Sampai dengan saat ini belum ditemukan obat untuk polio, satu satunya cara adalah dengan pencegahan melalui pemberian imunisasi.

Di sela kegiatan Wali Nagari Batu Rijal juga mengajak warganya selalu terapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar. Sekaligus mengajak para orang tua untuk mengoptimalkan lahan pekarangan dengan menanam tanaman cabai dan bawang merah serta tanaman pangan lainnya. Sesuai surat edaran Bupati Dharmasraya, dimana harga komoditi tersebut mengalami kenaikan harga dan di prediksi akan terus naik seiring dengan akan masuknya bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2023. (elda)

 
Top